Generasi Muda Ayo Memilih dan Saatnya Menjadi Pemilih Cerdas

Peserta Sosialisasi Kaum Muda dan Pemilih Pemula yang dilaksanakan KPU Kabupaten Rembang

Sebagai edukasi dalam pembelajaran terkait kepemiluan dan demokrasi, KPU Kabupaten Rembang kembali menyelenggarakan sosialisasi untuk Pemilihan Umum yang akan diselenggarakan tanggal 14 Februari 2024.

Segmentasi sosialisasi pendidikan pemilih dalam kegiatan ini yaitu menyasar para kaum muda dan pemilih pemula. Sebelumnya sosialisasi yang sama juga dilakukan kepada kaum perempuan, mahasiswa, para siswa di sekolah, Pramuka, komunitas pencak silat dan Ormas.

Kegiatan sosialisasi dalam rangka pelaksanan tahapan Pemilu Tahun 2024 tersebut dilaksanakan pada hari Sabtu (24/12/2022) jam 10.00 WIB – selesai yang bertempat di rumah makan di Kecamatan Gunem.

Zaenal Abidin Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Rembang saat membuka acara berpesan kepada generasi muda untuk mempunyai kesadaran baik laki-laki maupun perempuan untuk turut serta dan berpartisipasi aktif dalam menyukseskan pemilu serentak 2024.

Ia Mengatakan pemilih pemula, pemuda merupakan calon pemimpin masa depan, segmen sosialisasi pemilih pemula sangatlah penting, karena jumlah pemilih pemula dalam Pemilu cukup besar.

“Jadilah pemiih yang cerdas berfikir jauh ke depan karena suara anda menentukan nasib Indonesia 5 tahun ke depan. Jangan sampai salah pilih apalagi golput dan kedepan aktif mengecek statusnya di DPT online apakah sudah terdatar atau belum sebagai pemilih,” Ungkap Bidin.

Sementar Nuranto dari FKUB Rembang sebagai narasumber mengungkapkan ada beberapa hal  yang bisa dilakukan pemuda  dalam pemilu 2024 antara lain; terlibat dalam kontestasi politik secara langsung menjadi calon anggota legislatif tingkat pusat maupun daerah,  menjadi bagian dari penyelenggara pemilu untuk menjaga marwah pemilu yang bermartabat, menjadi  pengguna hak suara dalam pemilu dengan berfikir dan menganalisa secara cerdas, dan menyuarakan untuk tidak golput demi Indonesia yang lebih baik.

Menurutnya pemilih pemula menjadi prioritas dalam sosialisasi karena belum bisa berfikir secara matang, masih labil, ikut-ikutan dan mudah terbawa arus.

Makruf salah satu peserta sosialisasi mengaku pemilu 2024 merupakan pengalaman pertama menggunakan hak suaranya. Setelah mengikuti kegiatan ini mendapat gambaran baru tentang apa yang harus dilakukan saat pemilu nanti. Alumni SMK Muhammadiyah Gunem ini merasa lebih bersemangat dan antusias menyambut pemilu serentak 2024. (Mulat Riasnan/ QzQyya)

Add Comment