Menggali Sumber Daya Manusia Rembang dengan Kegiatan Kreatif

Siswa Praktik Energi Limbah

Sumber daya manusia di suatu daerah memiliki pengaruh signifikan terhadap perkembangan sutau daerah. Disitulah letak urgensi SDM sebagai pengimbang dan pengelola SDA di suatu lingkungan. Tanpa SDM yang berkualitas, maka alam tidak dapat ditemukan potensi besarnya terhadap kehidupan manusia.

Oleh karena itu dalam suatu lembaga kenegaraan penting melahirkan SDM yang unggul dan berkualitas, salah satu langkahnya dengan pendidikan. Diselenggarakannya kegiatan-kegiatan untuk menemukan kebaharuan ide yang menjadi kreativitas diri seseorang.

Kegiatan Daur Ulang Limbah Sayur Buah untuk Sumber Energi

Salah satu kegiatan kreatif menggali potensi dan skill dengan kegiatan daur ulang. sampah atau barang yang tidak bernilai ternyata bisa disulap menjadi barang bernilai. bahkan lebih dari itu, tidak jarang yang bernilai tinggi setelah mengalami sentuhan kreasi tangan manusia kreatif.

Kita mengetahui baterai merupakan salah satu sumber energi. Sumber energi yang terdapat dalam baterai yaitu energi kimia yang diubah menjadi energi listrik. Baterai termasuk ke dalam elemen primer yang artinya elemen elektrokimia yang bahan-bahan pereaksinya tidak dapat diperbarui lagi. Di tangan siswa MTs N 4 Rembang, baterai bekas yang tidak terpakai dapat diperbarui kembali, sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan.

Pada dasarnya alam menyediakan segala kebutuhan manusia yang tujuannya untuk bertahan hidup, semisal air, udara, makanan dan lainnya. Energi listrik yang kita butuhkan juga dapat bersumber dari mana saja seperti sayur, buah, air, panas, udara, dan lainnya dari alam.

Menurut salah satu guru IPA MTsN 4 Rembang, Septa Ria Firantika yang menjelaskan tentang praktikum dan dilatarbelakangi oleh banyaknya limbah baterai bekas di sekitar yang tidak terpakai, kemudian muncul ide untuk memanfaatkannya kembali.

Peserta didik MTs N 4 Rembang melakukan praktik pembuatan sumber arus listrik dari baterai bekas dengan pemanfaatan limbah sayur dan buah. Menurut Ria, ia menambahkan bahwa dalam praktik mata pelajaran IPA sayur dan buah yang digunakan adalah kulit pisang, kulit apel, dan sayur yang telah busuk karena mudah didapatkan dan tidak terpakai.

Rafli salah satu siswa yang pernah ikut praktikum, mengaku sangat senang mengikuti kegiatan praktik IPA bersama dengan teman-temanya, karena dapat pengalaman baru dan tidak hanya teoritis saja tapi juga terapan, sehingga menambah pengetahuan baru tentang bab kelistrikan. ada pula kegiatan lain sebagai penunjang kreativitas siswa atau anak.

Event Rembang Kreatifest Night Fashion

Tentang kegiatan di Rembang, beberapa tahun lalu Pemkab Rembang melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Mikro Kecil Menengah (Disperindagkop) menggelar acara Kreatifest. Tujuan acara tersebut digelar dalam rangka memeriahkan hari jadi Kabupaten Rembang ke 278 bertepatan pada bulan Juli. Ketika itu kegiatan berlangsung selama dua hari, yakni pada tanggal 19-20 Juli 2019 lalu yang bertempat di Jl. Kartini.

Susy Chandrayani Kepala Bidang Perindustrian Disperindagkop Kabupaten Rembang pernah mengatakan bahwa acara kreatifest merupakan event kreatif yang bisa memberikan ruang bagi industri kreatif utamanya bagi para pemuda.

Ia juga mengungkapkan bahwa ada sembilan komoditi dari para pemuda yang akan ditampilkan di Stand pada acara tersebut. Di antaranya Photography, Videography, Modifikasi Motor, Desain Produk, Seni Rupa dan Kriya, Kuliner, Wedding Planner dan MUA. Berbagai komoditi juga akan menempati 17 stand yang telah disediakan oleh Disperindagkop.

Menurut Susi bahwa sembilan komoditi yang akan ditampilkan tersebut akan berlangsung selama dua hari dan diikuti oleh banyak stand lainnya. Konsep acara itu ialah pagi dibuka dengan senam pagi, kemudian penutupannya yakni pada malam minggu nanti ditutup dengan fashion show dan karnaval.

Untuk pendaftaran peserta fashion show yang akan tampil pada acara Night Fashion Carnival jumlah kuotanya dibatasi. Hal tersebut dikarenakan acara kreatifest tersebut merupakan kegiatan pertama yang dihelat sehingga pendaftarannya tidak dilakukan secara terbuka.

Pada event serupa selanjutnya Susi mengungkapkan tidak menutup kemungkinan pendaftaran peserta yang ikut berpartisipasi pada acara itu akan ditambah kuotanya dan dilakukan secara terbuka.

Susi juga menambahkan bahwa event Kreatifest yang baru pertama kali itu masih belum buka pendaftaran secara terbuka ketika itu. Dalam prosesnya, ia juga akan mengumpulkan teman-teman yang sudah aktif di industri kreatif, kemudian akan mengumpulkan mereka dan akan diajak untuk ikut ekspose di acara tersebut. Kedepannya akan coba memberikan waktu dan ruang yang lebih banyak.

Berbagai hiburan akan digelar pada acara tersebut, diantaranya pagelaran tari, live musik dan berbagai workshop mulai dari sablon, Photography, Videography, dan Beauty Class. Direncanakan pihaknya juga akan menggandeng Polres Rembang untuk memberikan edukasi kepada generasi milenial terkait dengan narkoba dan peraturan memodifikasi motor.

Dari seluruh kegiatan-kegiatan tersebut, kita menyebutnya sebagai usaha untuk menggali kreativitas dan kualitas diri SDM Rembang. Event sejatinya diadakan untuk melatih skil supaya semakin terasah. Dengan begitu kemampuan seseorang menjadi lebih matang dan berkualitas. SDM unggul pada dasarnya terlihat dari suatu suatu event yang berfungsi sebagai wadah mengasah potensi.