Berprestasi itu Membanggakan Wilayah dan Lingkungan

Indonesia di Tangan Generasi Muda. LIPI

Generasi muda merupakan salah satu aset berharga negara. Penentu masa depan, keberadaannya bisa menguntungkan, dan sebaliknya. Indonesia dengan kekayaan alamnya, baik maritim dan daratannya, memiliki keistimewaan yang berbeda. Keragaman ini menjadi ciri khas yang wajib untuk dilestarikan.

Pendidikan merupakan kunci untuk memperoleh kehidupan lebih baik di masa depan. Semakin matangnya wawasan, semakin matang pula kepribadian seseorang. Melalui pendidikan, wawasan bertambah, dari yang tidak tahu menjadi tahu. dari yang bingung menjadi tercerahkan. Mewujudkan anak didik atau generasi yang potensial dan lebih baik merupakan peran pendidikan yang harus terus disemarakkan dan digalakkan bahkan hingga ke pelosok daerah.

Prestasi Siswa KB Tunas Siswa 3 Pamotan

KB Tunas Siswa 3 Pamotan, terletak di selatan masjid Pamotan atau tepatnya di Jl. Gunem Km. 05 Pamotan. Lokasinya strategis didukung oleh sarana dan prasarana yang memadai, serta ditunjang oleh enam tenaga pendidik yang profesional.

Menghasilkan generasi muslim yang berakhlakul karimah, kreatif, cerdas, dan mandiri adalah visi dari KB Tunas Siswa 3 Pamotan. Untuk mewujudkan visi tersebut maka pendidik di KB tersebut membuat Grand Design yang diimplementasikan dalam pembelajaran sehari-hari diantaranya yaitu:

Metode dan program unggulan yang concern pada keagamaan maupun pendidikan serta karakter usia dini. Untuk program Keagamaan teknis pelaksanaannya dengan membiasakan hafalan surat pendek, Hadist, dan doa, ditunjang dengan menerapkan sentra agama di hari Jum’at yang dikemas dalam game/permainan dengan pengenalan huruf Hijaiyah dan mengaji qira’ah.

Ima Nurul Hidayati pengelola KB mengungkapkan, program dari KB Tunas siswa dan pendidikan anak usia dini difokuskan untuk membantu dalam membangun karakter, kepribadian anak yang dikemas menarik dalam pembelajaran sehari-hari.

Ima menyebutkan bahwa jadwal mereka terkonsep dan tersusun secara rapi, mulai Senin-Jumat. Pada hari Senin disebut juga dengan sentra persiapan. Di dalamnya diawali dengan kultur dan pembiasaan 3 S (Senyum, Salam dan Sapa) yang dilakukan saat sebelum pelajaran dimulai yaitu mulai jam 07.15 WIB.

Hari Selasa giat yang dilakukan dinamakan sentra balok, hal ini bertujuan untuk melatih psikomotorik anak-anak. Hari Ketiga yaitu Rabu dengan konsep bahan Alam, dengan mengadakan outing class, main di luar dengan bahan alam seperti pasir, air batu, daun, gelembung air, dan lainnya.

Untuk hari Kamis terjadwal pola hidup bersih dan sehat (PHBS), anak-anak diajari cuci tangan, gosok gigi, potong kuku. Sedangkan hari Jumat kegiatan sentra agama dengan praktik shalat dan wudhu.

Komitmen Membangun Kerjasama

Sederet prestasi yang diraih oleh KB Tunas siswa 3 Pamotan baik secara lembaga, siswa, maupun guru merupakan sudah dapat mewakili kegigihan usaha lebih baik. Secara lembaga, prestasi yang diraih diantaranya juara I lembaga berprestasi tingkat Kabupaten tahun 2018/2019 dan lomba gugus tingkat kabupaten tentang administrasi, pembelajaran, sarana dan prasarana.

Dalam kategori guru, mereka meraih juara satu lomba TBM (Taman Baca Masyarakat) pada tahun 2015 lalu, dengan tema karya ‘Strategi Pena Harun untuk Meningkatkan Minat Baca Masyarakat, yang merupakan hasil karya dari Ima Nurul Hidayati.

Sementara pada tahun 2018, beberapa tahun lalu pernah meraih juara satu tingkat Kabupaten dan juara satu Tingkat Kecamatan lomba bercerita, untuk event karnaval kecamatan Pamotan pada tahun 2010-2014 juara satu terus menerus, tahun 2017 juara dua, tahun 2018 juara dua dan tahun 2019 juara dua.

Untuk siswa pada tahun 2019, juara satu tingkat Kecamatan dan juara dua tingkat Kabupaten lomba loosepart, lomba keagamaan gugus Kartini, Bina Anak Sholeh pada tahun 2019 yaitu dengan juara tiga lomba Adzan, juara tiga dai cilik, juara dua dan tiga hafalan surat pendek. Sementara tahun 2020 meraih juara tiga lomba tingkat kecamatan.

Pada Dies Natalis yang berlangsung tahun 2018, diadakan lomba tingkat kabupaten selama 2 hari, yaitu lomba mewarnai dan cooking class dengan dihadiri oleh DPRD Rembang, Dinas Pendidikan, Pengelola KB Se Kecamatan Pamotan, wali murid dan peserta lomba.

Untuk menumbuh kembangkan minat baca anak-anak, KB Tunas Siswa 3 Pamotan, memacu literasi siswa dengan kunjungan ke perpustakaan daerah tiap tahun, momen Aprilian biasanya juga melatih kreativitas anak dengan lomba fashion show untuk anak dan ibu dan juga lomba membuat tumpeng untuk wali murid dan lainnya.

Semua prestasi yang diraih merupakan hasil dari kerja keras dan doa dari semua pihak dan keluarga, maka kerjasama dengan berbagai instansi sangat diperlukan. Jalinan kerjasama dalam pembelajaran yang aplikatif sesuai tema profesi antara lain dengan instansi Puskesmas, Polsek, Koramil, Dinas Perikanan dan pihak Desa.

Beberapa waktu kemudian, KB Tunas siswa menggandeng Ketua RW setempat yaitu Waluyo Suprawito untuk menciptakan Green School dengan menanam bunga Bungur, Pucuk Merah, dan tanaman buah-buahan.

Tahun ajaran 2020/2021 KB Tunas Siswa menerima siswa baru dengan syarat menyerahkan foto copy KK, foto copy KTP, foto 3×4 sebanyak dua lembar dan administrasi pendaftaran. Harapan di masa depan bahwa KB Tunas Siswa 3 Pamotan dapat semakin maju baik secara kuantitas maupun kualitas, dapat berperan dan memberikan kontribusi nyata bagi negara dalam mencerdaskan anak bangsa demi terciptanya human investment.

Add Comment