Gerakan Menanam Pohon LLHPB PDA Rembang

Aksi nandur atau tanam pohon LLHPB PDA Rembang, MDMC, Kokam dan Relawan baru-baru ini.

Lembaga Lingkungan Hidup dan Penanggulangan Bencana (LLHPB) PDA Rembang bersinergi dengan MDMC, Lazismu, Relawan, Kodim 0720/Rembang Perum Perhutani KPH Mantingan dan beberapa komunitas sosial lainnya, mengadakan aksi tanam 15.000 batang pohon.

Program pemerintah, menghimbau masyarakat diminta menanam minimal 1 pohon per orang, atau dikenal dengan istilah One Man One Tree.

“Kegiatan menanam pohon merupakan salah satu upaya atasi bencana, kami berharap tidak hanya menanam saja, tapi juga ada tindak lanjut dengan merawat yang ditanam, hal ini sesuai dengan visi One Muhammadiyah One Respon (OMOR),” Ucap Sriyanti Ketua LLHPB PDA Kabupaten Rembang.

Yanti menambahkan menanam pohon itu baik untuk kelestarian dan bermanfaat banyak bagi manusia, selain itu juga dapat memelihara tanah dan menjaga bumi tetap dingin, sebagai penyerap karbon, menyediakan makanan sehat untuk jutaan orang dan spesies lainnya, menampung 80% keanekaragaman hayati di bumi dan banyak manfaat lainnya.

Bertemakan “Rembang Nandur 2021” kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Rembang H. Hafidz, Dandim 0720/Rembang Letkol Kav Donan wahyu, Kapolres Rembang AKBP Dandi Aryo Yustiawan, S.I.K, ADM Kebonharjo, ADM Mantingan Forkopimcam Kecamatan Bulu, Pemdes Sendangmulyo beserta masyarakat, beberapa komunitas termasuk LLHPB PDA Rembang, MDMC, Lazismu dan lainnya.

Kegiatan penghijauan dilaksanakan di Dukuh Ngiri Desa Sendangmulyo, Kecamatan Bulu Kabupaten Rembang, Sabtu (04/12/2021). Varian atau jenis pohon penghijauan yang ditanam adalah tanaman menahun dan berbuah.

Berbagai kegiatan yang dilaksanakan, antara lain launching program penanaman education camp, kuliner Desa, bakti sosial, donor darah, lukis on the spot, unen unen, sarasehan dan lainnya.

Zulis Rumaida salah satu peserta mengaku sangat senang dan antusias dengan gerakan menanam pohon, karena memiliki nilai-nilai manfaat untuk kehidupan dan semoga kedepannya LLHPB dan MDMC bisa mengadakan kegiatan seperti ini kompak serta solid selalu.