MTs Negeri 4 Rembang Gelar Car Free Day

Kegiatan Car Free Day di MTs Negeri 4 Rembang. (Foto: Dokumentasi MTs Negeri 4 Rembang)

Civitas Akademika MTs N 4 Rembang (Siswa-siswi, Guru dan Karyawan) sukses mengadakan kegiatan hari bebas kendaraan bermotor (Car Free Day), yang diadakan satu bulan sekali di minggu pertama, baru- baru ini.

Kegiatan dilaksanakan mulai pukul 06.00 sampai selesai, diikuti dengan penuh antusias dari seluruh unsur civitas akademika MTs Negeri 4 Rembang. Semua siswa diantar oleh orang tua masing-masing dan sebagian lagi menggunakan sepeda.

“Kegiatan hari ini bebas kendaraan, diharapkan tidak hanya mampu mengurangi emisi karbon, tetapi juga menimbulkan interaksi sosial seperti munculnya menciptakan budaya berolahraga,” kata Masrum, Kepala Madrasah MTs N 4 Rembang.

Masrum menambahkan kegiatan positif seperti car free day, sekarang mulai diminati oleh masyarakat, oleh karena itu kita juga memberikan pendidikan dan penanaman nilai sejak usia dini tentang arti penting kesehatan, olah raga bagi siswa yang salah satunya dengan bersepeda (saat ini sering dikenal dengan istilah gowes).

Dwi Asri Mulatsih selaku ketua program Adiwiyata mengungkapkan car free day merupakan salah satu bagian dari program madrasah adiwiyata, ruang lingkup sarpras, dan konversi energi yang bertujuan untuk menghemat energi (save energi) dengan sehari tanpa kendaraan bermotor atau program madrasah bebas asap.

Para siswa berharap kegiatan ini dapat diadakan secara rutin dan berkelanjutan. Para siswa menilai bahwa kegiatan “Hari bebas kendaraan bermotor” sangat baik untuk mengatasi kejenuhan siswa-siswi MTs Negeri 4 Rembang, yang kesehariannya sering beraktivitas di lingkungan madrasah mulai pukul 07.00-selesai.

Add Comment