Tugas yang Diberikan Guru Jangan Memberatkan Siswa

Siswa saat mengerjakan tugas daring online dari sekolah. (Foto: Kemenag Rembang)

Rembang – Berdasarkan instruksi Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah kepada madrasah, baik negeri / swasta untuk semua tingkat MI, MTs, MA, serta RA memperpanjang kegiatan Belajar Mengajar jarak jauh daring hingga 13 April 2020, hal ini dipertegas kembali oleh Kemenag Kabupaten Rembang.

Surat edaran (SE) dari Kanwil Kementerian Agama provinsi Jawa Tengah dengan nomor 4281/kw.11.2/PP./03/2020 tertanggal 26 Maret 2020, menjelaskan tentang mekanisme pembelajaran dan penilaian madrasah dalam masa darurat pencegahan Covid-19. Surat Edaran tersebut ditujukan langsung kepada semua madrasah.

“Kita sudah menyampaikan edaran tersebut melalui whatsapp untuk segera ditindaklanjuti. Sebelumnya pelaksanaan daring ini dilakukan dari 16 Maret hingga 28 Maret 2020,” Ungkap Atho’illah selaku Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang

Atho’illah juga menyampaikan pesan kepada para guru untuk memberikan tugas yang terukur dan lebih mengedepankan pendidikan karakter, tidak memberatkan siswa dan orang tua di rumah. Sebab masa belajar di rumah selama 14 hari adalah untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pasca rapat terbatas dengan Kasubag Tata Usaha, Kasi dan penyelenggara, Atho’illah juga memerintahkan pihak madrasah untuk melaksanakan Home Visit atau Monev terhadap KBM daring.

“Monev ini dapat dilakukan dengan metode manual atau daring juga. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah kegiatan daring berjalan dengan semestinya,” ungkapnya.

Kasi Pendidikan Madrasah Kankemenag Kabupaten Rembang, Damari mengatakan, sesuai dengan surat edaran Kanwil Kemenag Jawa Tengah tertanggal 26 Maret 2020, sistem pembelajaran siswa dilakukan dengan daring (online). Demikian pula pengawasan dan evaluasi, dilakukan secara online, dengan memanfaatkan teknologi.

Add Comment