Pemdes Banyuurip Ajak Warganya Ikut PTSL

Pemdes Banyuurip sosialisasi pentingnya warga memiliki sertifikat. (Foto: Dwi Hindarto)

Gunem – Pemerintah Desa Banyuurip, memotivasi warganya agar ikut serta dalam program pemerintah yaitu Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) oleh BPN.

Kegiatan sosialisasi pelaksanaan PTSL atau yang dulu lebih populer dengan istilah serifikat massal dilaksanakan di Balai Desa Banyuurip pada, Selasa (14/4/2020) pukul 10.00 WIB – selesai.

Acara tersebut dihadiri oleh kepala desa Banyuurip Suwarno, beserta staf jajaran dari perangkat desa, ketua BPD Martono, masyarakat setempat dan masyarakat sekitar yang memiliki tanah di desa Banyuurip.

Kepala Desa Banyuurip Suwarno menjelaskan pentingnya tiap-tiap warga untuk memiliki sertifikat atas kepemilikan tanahnya, hal ini bertujuan untuk menghindari hal-hal yang merugikan bagi warga sendiri kedepannya.

“Kedepan sesuai anjuran pemerintah, tahun 2024 semua tanah di Indonesia sudah memiliki sertifikat,” Imbuhnya.

Ia menambahkan dengan sertifikat, maka ada kepastian hukum atau legalitas atas tanah mereka yang sebelumnya belum dilengkapi surat-surat secara sah.

Sementara itu Ketua BPD Martono mengungkapkan beberapa fenomena alam yang pernah terjadi di Indonesia, seperti lumpur Lapindo Sidoarjo, Gempa di Yogjakarta, Tsunami di Aceh dan lain-lain. “Belajar dari fenomena yang terjadi, diharapkan masyarakat sadar, dan mengetahui serta mau ikut serta dalam program PTSL,” Ujarnya.

Sekdes Banyuurip menambahkan syarat-syarat untuk mengajukan PTSL cukup mudah yaitu diantaranya dengan cara menyerahkan fotocopy KK, fotocopy KTP dan Sppt pbb.

Add Comment