Giat Baznas Rembang Salurkan Sembako, Perangi Covid-19

Peduli sosial, Baznas Rembang salurkan bantuan sembako ke 14 Kecamatan di Rembang selama sepekan (6-15/4/2020) lawan corona. (Foto: Pemkab Rembang)

Rembang – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Rembang memberikan bantuan sembako berupa berupa beras, gula, mie instan dan minyak goreng kepada 2.240 penerima yang tersebar di 14 kecamatan. Kegiatan dimulai sejak Senin-Rabu selama sepekan (6-15/4/2020).

Ketua Baznas Rembang, Abdul Wahid Hasby menjelaskan pendistribusian sembilan bahan pokok (sembako), dilatarbeakangi oleh panggilan kepedulian sosial untuk membantu pemerintah dalam melawan wabah virus Corona. Sesuai arahan Bupati Rembang, Abdul Hafidz bantuan diberikan langsung ke penerima.

Teknis pendistribusiannya yaitu Baznas mengantar langsung ke tiap-tiap kecamatan, kemudian dari kecamatan bantuan diserahkan, didistribusikan ke penerima oleh Kantor Kecamatan bekerjasama dengan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana (DINSOSPPKB).

“Distribusi sembako dibantu oleh Dinsos, Bu Yuni juga telah menyiapkan petugas di lapangan. Jadi, situasi yang begini diantar langsung ke penerima oleh tenaga Dinsos di kecamatan dan di desa-desa, tetapi sembako diturunkan di kantor kecamatan. Langkah selanjutnya teman-teman dari Dinsos termasuk dari Kasi Kesra Kecamatan, nanti mereka bekerjasama untuk membagikan kepada penerima sesuai dengan alamat,“ ungkap Mualif selaku Asisten 1, meneruskan kebijakan Bupati.

Tidak hanya sembako, menurutnya, anak yatim juga mendapat tambahan uang sebesar Rp100 ribu, sedangkan bagi fakir miskin mendapat tambahan sebesar Rp 200 ribu. Jadi total zakat yang didistribusikan untuk sembako dan uang senilai Rp 826 juta .