Pastikan Kegiatan Belajar di Rumah Berjalan, Kepala Madrasah Lakukan Home Visit

Kunjungan Kepala Madrasah MTs N 4 Rembang bersama guru BK kepada siswa dan wali murid, guna memastikan kegiatan pembelajaran jarak jauh berjalan dengan lancar.

Rembang – MTs N 4 Rembang baru-baru ini, Sabtu (21/03/2020) memastikan pembelajaran jarak jauh berbasis online dengan konsep Schoology berjalan secara aman dan lancar.

Home Visit dilakukan di beberapa desa, salah satunya yaitu Desa Ronggomulyo yang letaknya berbatasan langsung dengan wilyah Pati dan terletak dipelosok Desa.

Monitor dan evaluasi kepada siswa atau peserta didik dilakukan secara langsung oleh Kepala Madrasah MTs N 4 Rembang Masrum beserta Waka Humas Rosidi dan guru Bimbingan Konseling (BK) Umi Zakiah yang dikonsep dengan home visit (kunjungan ke rumah).

Alasan memilih Desa Ronggomulyo karena banyak siswa siswi Madrasah yang berdomisili di sana dan minim pantauan orang tua karena mayoritas penduduknya petani.

Arti Penting Home Visit

Kunjungan ini mendapat sambutan hangat dari para orang tua wali murid, karena ada komunikasi timbal balik antara Madrasah dan orang tua.

Tujuannya yaitu untuk memastikan anak-anak tetap belajar di rumah dan juga sebagai sarana menyampaikan perkembangan siswa secara langsung kepada orang tua baik prestasi akademik maupun non akademik, seperti nilai sikap dan spiritual siswa.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kegiatan pembelajaran jarak jauh berlangsung, dan juga untuk mendengarkan secara langsung kendala-kendala apa saja yang dihadapi siswa.

“Kami telah menghimbau kepada bapak/ ibu guru untuk kreatif dan inovatif dalam pembelajaran schoology ini. Intinya tugas atau lembar kerja peserta didik sesuai dengan kapasistas kemampuan anak,” Ungkapnya.

Masrum menambahkan untuk siswa yang mengalami kendala teknis, seperti belum memiliki alat komunikasi yang canggih, keterbasan ekonomi dan faktor-faktor lainnya, dapat disikapi dengan pemberian tugas manual yaitu dengan nantinya dikumpulkan dalam bentuk lembar kerja peserta didik dan dikumpulkan saat masuk sekolah.

Kepala Desa Ronggomulyo Sutar kedua putranya juga sekolah di MTs N 4 Rembang yaitu kelas VII dan Kelas IX mengaku senang dengan kegiatan schoology dan home visit seperti ini, karena ia dapat juga memantau proses pembelajaran anaknya di rumah dan juga putranya tidak keluar rumah untuk bermain.

Ia berharap kedepan program ini dapat di lanjutkan secara kontinyu karena menurutnya dapat memadukan perkembangan kecanggihan teknologi dengan belajar di rumah juga dapat mengefektifkan dan menngefisienkan waktu, sehingga anak-anak tidak hanya sibuk bermain saja.