Meriahnya Lomba Mapel UN Berbasis Android

Penyerahan piala bagi para pemenang lomba mapel di MTs N 4 Rembang.

Rembang – Salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan tolak ukur kesiapan siswa baik kelas 6 maupun kelas 5 tingkat SD/ MI di wilayah Kecamatan Sumber (Rembang), dan  Kaliori serta Jaken (Pati), MTs N 4 Rembang menggelar lomba Mapel berbasis Android baru-baru ini.

Jumlah peserta yang daftar mengikuti lomba sekitar 342 Siswa. Antusiasme Siswa SD/MI untuk wilayah Sumber, Kaliori dan Jaken dan sekitarnya sangat tinggi. Tidak hanya siswa saja orang tua juga berbondong-bondong mendampingi putranya mengikuti lomba.

Tema kegiatan lomba adalah membentuk karakter siswa yang berakhlakul karimah, sportif, inovatif dan kreatif.

Sebanyak 15 Ruangan kelas digunakan dalam pelaksanaan lomba mapel yang dimulai setelah apel dari tiap-tiap peserta, yaitu pukul 08.00 WIB- Selesai. Ada 3 mapel yang diujikan yaitu mapel Matematika, IPA dan Bahasa Indonesia.

Android tidak Sebatas Game

Kepala MTs N 4 Rembang Masrum Mengatakan, pengunaan HP android ini juga dimaksudkan untuk mengikuti era digital, di mana semuanya serba IT, disamping itu untuk menanamkan mindset berpikir anak-anak bahwa penggunaan android tidak hanya sebatas main game saja, tapi juga sangat menunjang pembelajaran di Sekolah jika dimanfaatkan dengan benar dan bijaksana.

“Dalam lomba tersebut nilai tiap anak-anak yang mengikuti lomba otomatis langsung muncul setelah selesai mengerjakan, ini merupakan miniatur dari pelaksanaan Ujian Berbasis Komputer atau CBT,” Lanjut Masrum.

Pasca lomba tersebut siswa juga dapat menikmati berbagai hiburan pentas seni siswa siswi MTs N 4 Rembang, diantaranya pentas musik, tari, drama, Marching Band, mengunjungi stand bazar oleh siswa tiap-tiap kelas dan spot foto di area tertentu yang telah disiapkan panitia.

MTs N 4 Rembang juga menyediakan armada antar jemput bagi peserta lomba yang lokasinya jauh, seperti di Desa Krikilan, Tlogotunggal, Desa Kebat (Pati) dan sekitarnya.

Masrum juga sangat mengapresiasi kegiatan ini dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan lomba tersebut. Ini juga merupakan salah satu langkah syiar untuk sosialisasi keberadaan Madrasah.

Tiap-tiap peserta lomba mendaptkan sertifikat, sedangkan juara 1-3 mendapatkan uang pembinaan, piala dan piagam penghargaan.

Mustofa salah satu peserta dari SD mengatakan ia baru pertama kali mengikuti lomba dan merasa senang sekali dengan kegiatan ini, bisa mengetahui seberapa besar daya serap materi yang ia dapatkan di sekolah.

Add Comment