Lestarikan Lingkungan Hidup Melalui Penghijauan

Wagub Jawa Tengah melakukan penghijauan di Desa Sudo, Kecamatan Sulang.

Rembang – Guna melestarikan lingkungan hidup, salah satu langkahnya adalah dengan melakukan gerakan penghijauan. Penghijauan adalah aset yang akan diwariskan bagi anak cucu kita.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Pemkab Rembang bekerja sama dengan Forkopincam Sulang. Hadir pula dalam acara tersebut yaitu Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimun, Bupati Rembang, Abdul Hafidz, wakil Bupati, Bayu Andrianto, pejabat DLH Kabupaten Rembang, Dinas ESDM Kabupaten Rembang, dan jajaran Forkopincam, salah satunya adalah KUA Kecamatan Sulang.

Konsep penghijauan ini dilakukan dengan menanam puluhan jenis tanaman dan pohon, yaitu pohon kawis dan kedondong. Dalam sambutannya Wakil Gubernur mengatakan, penghijauan merupakan upaya untuk melestarikan lingkungan. Menurutnya, penghijauan adalah aset masa depan bagi anak cucu. Oleh karena itu, Wagub meminta kepada masyarakat dan semua pihak terkait untuk melestarikan penghijauan ini.

Wagub bercerita, dulu Khalifah Umar bin Abdul Aziz pernah mendapati seorang kakek sedang menanam kurma. Khalifah lantas bertanya untuk apa dia menanam pohon. Sang kakek mengutarakan maksudnya menanam kurma ternyata untuk memikirkan anak cucunya. Beliau sudah mikir jauh ke depan.

Wagub menghimbau kepada masyarakat untuk sabar menunggu hasil penghijauan ini, karena hasilnya tidak mungkin instan, Wagub meminta masyarakat untuk tidak menebang pohon  sembarangan.

KUA Kecamatan Sulang juga turut partisipatif dalam kegiatan Penghijauan Swadaya di Desa Sudo, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang. Pada Selasa (28/1/2020), bertempat di lahan bersebelahan dengan Embung Banyu Kuwung, Desa Sudo.

Kepala KUA Kecamatan Sulang, Sulton mengatakan, pihaknya akan mendukung perawatan dan pelestarian lingkungan ini. Menurutnya, penghijauan ini bermanfaat untuk menanggulangi kekurangan air di musim kemarau.

“Pohon dapat berfungsi dapat menahan air dalam tanah dan dimanfaatkan pada musim kemarau. Kami akan mengimbau kepada masyarakat Desa Sudo untuk melestarikannya,” kata Sulton.

Sulton berharap, kegiatan penghijauan ini tidak sebatas hari ini saja, tetapi juga ada program tindak lanjut untuk merawat pohon-pohon yang telah ditanam. Pada akhir acara, Sulton didapuk untuk membacakan doa.

 

 

Add Comment