Membangun School Culture dengan Sholat Berjamaah

Siswa Madrasah melaksanakan sholat Dzuhur berjamaah sebagai upaya pembentukan karakter. (Foto: Dwi Hindarto)

Rembang – Untuk membangun karakter siswa yang selaras dengan visi Madrasah yaitu Religius, Berakhlakul Karimah dan Berprestasi. MTs N 4 Rembang memprogramkan shalat dhuhur berjama’ah tiap-tiap kelas. Pelaksanaan shalat dhuhur ini dimulai saat 15 menit sebelum pulang sekolah dan dilaksanakan di kelas masing-masing.

Untuk yang berjama’ah di mushola dibuat jadwal paralel mulai kelas 7, 8 dan 9, sedangkan rutinitas sehari-hari tiap-tiap kelas melaksanakan sholat dhuhur berjamaah dikelas masing-masing.
Dalam pantaun nampak siswa – siswi saat jam istirahat kedua, sebagian anak-anak sudah mulai berwudhu di depan kelas yang telah disediakan sarana kran air wudhu dengan tertib.

Manfaat dari sholat dhuhur berjamaah diantaranya adalah membuat hati terasa tenang, mengatasi rasa gelisah, pikiran jernih dan jalinan ukhuwah islamiah, Program ini sudah berjalan sejak beberapa bulan yang lalu.

Kepala MTsN 4 Rembang, Masrum mengungkapkan, kegiatan shalat dhuhur berjamaah diharapkan dapat menjadi school culture sebagai bentuk implementasi pembelajaran.

“Kegiatan ini masuk dalam pendidikan karakter, kompetensi inti menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. Shalat dhuhur berjamaah dapat mencetak siswa yang cerdas otak dan cerdas watak dalam kerangka nilai-nilai keislaman,” ujar Masrum.

Putri Silfia dan saidah Alfi Rahmatin Siswa kelas 7, mengaku merasa senang dengan pembiasaan shalat dhuhur berjamaah ini, karena, pikiran jadi lebih jernih, hati damai dan positif saat dan perjalanan pulang kerumah jauh lebih tenang