KPU Rembang Gelar Grand Launching Maskot Pilbup 2020

Launching Maskot Pilbup Rembang Tahun 2020 mendatang. (Foto: Dokumentasi Relawan Demokrasi)

Rembang – Menyambut Pilkada 2020, KPU Kabupaten Rembang resmi memperkenalkan Kidang Alas (Kijang Hutan) sebagai maskot dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati (Pilbup) Rembang.

Kegiatan ini diselenggarakan pada Minggu (08/12/2019) dengan konsep millenial Fun Bike, bertempat di depan kantor KPU Rembang. Kegiatan ini dihadiri oleh Bupati Rembang, Wakil Bupati Rembang, KPU Provinsi Jawa Tengah, KPU Kabupaten/ Kota sekitar, Forkompimda, OPD, Bawaslu, Ormas, Parpol, Media, serta masyarakat Rembang.

Ketua KPU Rembang Ika Iqbal Fahmi mengungkapkan, kegiatan ini merupakan bagian dari sosialisasi PILBUP 2020, yang akan diselenggarakan 23 September 2020 mendatang. “Diharapkan nantinya dapat meningkatkan partisipasi masyarakat Rembang untuk menggunakan hak pilihnya, datang ke TPS,” Ucap Iqbal.

Anggota KPU Provinsi Jawa Tengah Putnawati menjelaskan dengan launcing ini, maka tahapan awal pilkada 2020 di Rembang resmi dimulai, ia menambahkan semua elemen untuk bersinergi untuk kesuksesan Pilkada.

Bupati Rembang Abdul Hafidz berharap KPU dapat bekerja, bertindak secara adil, objektif dan menjaga iklim sejuk, kondusif dan aman, karena momen Pilkada menjadi pertaruhan daerah.

Arti Maskot Kidang Alas

Kidang alas merupakan fauna khas Kabupaten Rembang. Menurut Iqbal dalam penjelasannya kidang alas adalah fauna asli yang ada di Gunung Argo Piro, merupakan ciri khas Rembang. Maskot juga mengenakan blangkon, yang artinya sebagai filosofi orang Jawa yaitu memiliki sopan santun.

“Maskot memakai batik khas Rembang, memakai baju orange. Batik yang dimaksud ini adalah Batik Lasem. Batik ini memaknakan diri sebagai khalayak umum. yang melambangkan Ajine Rogo Soko Busono semuanya mencerminkan kesantuna, kesopananan dan tata krama,” Ucapnya.

Untuk alas kaki warna hitam . Hal tersebut melambangkan sebagi orang bijaksana, kemudian juga membawa surat suara. Untuk kesuksesan pilkada 2020,” Pungkasnya.

Dalam kegiatan ini terdapat doorprize menarik diantaranya kaos gratis, 2 Sepeda Gunung, 1 Hp Android, 3 Kipas Angin, 10 Jam dinding, 30 Mug Pilbup dan hadiah menarik lainnya.