Kanwil Kemenag Jateng Bantu Proses Sertifikasi Tanah Wakaf

Monitoring oleh tim Kemenag Provinsi Jawa Tengah terkait proses sertifikasi wakaf. (Foto: Kemenag Rembang)

Rembang – Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah baru-baru ini berkomitmen memberikan bantuan proses sertifikasi tanah wakaf. Komitmen ini diwujudkan dengan memberikan bantuan dana untuk proses setifikasi sebesar 2,5 juta rupiah.

Bantuan tersebut ditujukan kepada 10 pengelola tanah wakaf di Kabupaten Rembang. Rombongan Tim Kanwil yang dipimpin oleh Kasi Pemberdayaan Wakaf Bidang Penaiszawa, Lasiyanto, mengadakan monitoring pada Kamis (5/12/2019), untuk memastikan keberadaan tanah wakaf.

Ada dua lokasi tanah yang ditinjau yaitu yang pertama Musholla Desa Kaliombo, Kecamatan Sulang dan selanjutnya madrasah diniyah Nurul Huda Desa Pasedan Kecamatan Bulu. Untuk tanah wakaf musholla di Kaliombo akan diberikan bantuan untuk proses sertifikasi tanah wakaf seluas 150 m2.

Percepat Proses Sertifikasi

Lasiyanto mengungkapkan, tanah wakaf ini harus melalui proses tahapan pemecahan terlebih dahulu, karena sertifikatnya masih tergabung dengan tanah sebelah milik wakif.

Sementara itu untuk tanah wakaf madin Nurul Huda juga diberikan bantuan senilai Rp 2,5 juta untuk proses sertifikasi tanah wakaf seluas 150 m2. Tanah tersebut merupakan tanah letter C, sehingga harus diurus terlebih dahulu sertifikat Hak Milik.

Gara Syariah Kankemenag Kabupaten Rembang, Ali Muyyidin yang turut mendampingi dalam minitoring ini mengatakan, disalurkannya bantuan ini karena nadzir belum mempunyai budget untuk proses sertifikasi tanah wakaf.

Ali mengucapkan terima kasih kepada Kanwil yang telah mengalokasikan anggaran untuk mempercepat proses sertifikasi tanah wakaf di wilayah Rembang.

“Untuk di Rembang ada 10 lokasi yang akan mendapat bantuan dari Kanwil. Semua lokasi wakaf yang belum disertifikasi kami himbau untuk segera mengurusnya,” Ungkap Ali.