Indahnya Tari Sufi

Tampilan tari sufi siswa madrasah dalam Maulid Nabi. (Foto: Dwi Hindarto)

Rembang – Sejumlah 600 peserta yang terdiri dari civitas akademika tampak menghadiri acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Halaman MTs Negeri 4 Rembang, Beberapa waktu yang lalu pada jam 08.00 Wib- Selesai.

Kepala MTs N 4 Rembang, Masrum dalam sambutannya mengungkapkan untuk meneladani akhlak Rasulullah kita perlu mempelajarinya dengan kaffah, hal ini sesuai dengan visi Madarasah yaitu Berkhlakul Karimah.

Dalam kegiatan tersebut juga menampilkan pentas seni atau kreativitas siswa Madrasah diantaranya tari Sufi, Kultum 2 bahasa, tampilan group dan tampilan vocal dengan melantunkan alunan lagu-lagu Islami dan tradisional.

“Grup hadroh tersebut merupakan binaan dari Waka Kesiswaan Siti Suwaibah, Kultum oleh Ach. Khudlori, Vocal oleh Lismiyati,” Ungkap Panitia

Sedangkan tauziah peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW disampaikan oleh Surowi. Menurutnya dalam tausiyahnya 3 hal yang di cintai oleh Allah SWT, pertama Shalat pada waktunya, kedua adalah berbakti kepada orang tua, ketiga adalah berjihad dijalan Allah.

Menarik dan Meriah

Dalam kegiatan tersebut siswa tampak duduk secara lesehan bersama-sama bertempat di depan halaman Madrasah. Konsep acara ini juga dikemas dialog, diadakan tanya jawab atau quiz bagi peserta. Bagi yang berani dan dapat menjawab dengan tepat disediakan hadiah menarik.

Salah satu penerima hadiah, Ilham sekaligus penari Sufi menyatakan gembira memperoleh hadiah dari ustadz Surowi dan Masrum karena jawabannya yang disampaiakan tepat. Menurutnya ia merasa senang mendengarkan kisah nabi yang diceritakan Ustadz Surowi .

Lagu yang ditampilkan oleh grup vokalis antara lain man anna, deen assalam, yahabibal qolbi, kartonyonno medot janji, dengan ditirukan oleh peserta maulid ini.

Pada momen ini juga tampak haru dengan adanya pisah sambut dari 2 guru yang pindah tugas atau mutasi. Dalam hal ini perwakilan guru Sugiarto Syahrozi menyampaikan rasa syukur diberi kesempatan menjadi bagian keluaraga besar MTs N 4 Rembang selam kurang lebih 14 tahun. “Terima kasih atas bimbingan, arahan dan kerjasama selama ini,” Ucapnya.