AKG Fisika di Rembang

AKG Fisika di MAN 2 Rembang. (Foto: Kemenag Rembang)

Rembang – Penilaian atau disebut juga Assessment adalah suatu penerapan dan penggunaan berbagai cara dan alat untuk mendapatkan serangkaian informasi tentang hasil belajar dan pencapaian kompetensi dari Guru.

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang menyelenggarakan uji Kompetensi Guru mapel Fisika, Jumat (22/12/2019) di MAN 2 Rembang, sebagai upaya untuk untuk mempenyai kompetensi yang sesuai dengan yang diampu di kelas.

Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang, Jasim bersama dengan sejumlah pengawas madrasah meninjau langsung pelaksanaan AKG yang berlangsung dari pukul 08.00-selesai.

Jasim mengungkapkan, tujuan diadakannya AKG ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kemampuan guru pengampu mata pelajaran Fisika di kelas. “Tenaga pengajar saat ini dituntut sesuai dengan kemampuannya. Tes ini adalah parameter untuk mengetahui apakah guru pengampu mempunyai kompetensi yang memadai dalam mengajar mapel Fisika,” ungkap Jasim.

Senada dengan Kasi Pendidikan Madrasah, Pengawas Madrasah, Tasiah Khoiriyah mengatakan, AKG ini merupakan penilaian terhadap kompetensi guru sebagai bagian penilaian kinerja guru dalam rangka pembinaan karir kepangkatan dan jabatannya. “Kegiatan ini adalah untuk pemetaan kompetensi guru Fisika,” Jelasnya.

Tes ini terdiri atas 60 soal. 50 soal di antaranya yaitu profesional, dan 10 di antaranya pedagogik. Tes dikerjakan secara online (CBT). AKG ini diadakan sebagai dasar Program Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PPKB) dan bagian dari proses Penilaian Kinerja dan Kompetensi (PKK).

“Hasil dari AKG ini akan kami evaluasi hasilnya kemudian akan kami tindaklanjuti.Tindak lanjut tersebut antara lain dengan peningkatan mutu guru Fisikan melalui usulan diklat atau memberikan pembinaan kepada para guru Fisika,“ Pungkas Tasiah.