40 Guru PAI Ikuti Pembekalan Sebelum Pre Tes PPG

Guru PAI mengikuti pengarahan sebelum pre tes PPG di Aula Kemenag Rembang. (Foto: Kemenag Rembang)

Rembang – 40 guru Pendidikan Agama Islam (PAI) mengikuti pembekalan, pengarahan dari Kankemenag Kabupaten Rembang, Senin (4/11/2019) bertempat di aula Kemenag Rembang.

Pembekalan, pembinaan ini dilaksanakan sebelum pelaksanaan pre tes penjaringan PPG yang akan digelar Rabu, 6 November 2019 di MAN 2 Kudus .

Kepala Kemenag Rembang atau yang mewakili yaitu Kasi PAIS , Rofiatun memberikan motivasi kepada 40 peserta menjelang pre tes yang akan digelar di MAN 2 Kudus. Dari 40 peserta akan berkompetisi dengan sekitar 500 guru lainnya dari Kabupaten Kudus, Kabupaten Pati, dan Kabupaten Jepara.

Rofiatun berharap semua peserta agar mempersiapkan diri sebaik mungkin dan memaksimalkan persiapan. “Meskipun sudah berstatus sebagai pengajar, namun untuk pre tes, kami berharap semuanya mau bekerja keras dengan belajar dan berdoa,” ucap Rofiatun.

Rincin soal yang akan diujikan adalah sebanyak 120 butir soal, dengan proporsi, 60 soal profesional, 20 soal pedagogik, 20 soal minat dan bakat, serta 20 soal potensi akademik. Waktu mengerjakan soal tersebut adalah waktu 120 menit dengan sistem Computer Based Test (CBT) atau berbasis online.

“Kami meminta tiap-tiap peserta untuk menejemen waktu memaksimalkan mungkin, percaya diri dan berdoa kepada Allah SWT, semoga diberikan kemudahan, petunjuk dalam mengerjakan soal,” Tambahnya.

Bagi yang lulus dalam pre tes, nantinya akan berhak mengikuti Pendidikan Profesi Guru (PPG). Rofiatun mengatakan di Kabupaten Rembang saat ini tengah kekurangan guru PAI. “Untuk 2020 saja, banyak guru PAI SD yang pensiun. Anda-andalah kelak calon yang mengisi kekosongan itu,” Pungkasnya.