Rembang Tuan Rumah Hari Santri Tingkat Jateng

Kemenag Rembang mengadakan kooordinasi persiapan pelaksanaan Hati Santri Tingkat Jateng. (Foto: Kemenag Rembang)

Rembang – Dalam rangka menyambut hari santri yang akan diselenggarakan di Kabupaten Rembang, yaitu selama tiga hari (20-22/10/2019), Kemenag Kabupaten Rembang menggelar rapat koordinasi sebagai bagian dari persiapan pelaksanaan acara tersebut. Ada tiga titk lokasi yang menjadi tempat pelaksanaan.

Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’ illah saat memimpin rapat koordinasi menyampaikan, pihaknya meminta sejumlah elemen madrasah untuk turut serta memeriahkan hari santri yang akan digelar di alun-alun Rembang bersamaan dengan Pameran Produk Unggulan.

Ia menambahkan, beberapa madrasah misalnya MAN 1 Rembang siap menampilkan grup seni hadroh dan gamelan untuk tampil dan menghibur masyarakat yang menghadiri dan mengunjungi pameran.

Sejumlah 1.200 santri pelajar diperkirakan siap menjadi bagian dari peserta puncak acara yaitu upacara bendera. Peserta ini berasal dari beberapa madrasah negeri/swasta di kota Rembang dan sekitarnya. Rencananya, upacara ini akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo yang bertindak sebagai inspektur upacara.

“Kebutuhan akomodasi bagi peserta lomba, kami akan menyiapkan homestay yaitu di MTs Al Mubarok, Rembang,” ungkap Atho’illah.

Seperti diketahui rangkaian hari Santri tingkat provinsi Jawa Tengah ini akan dipusatkan di Kabupaten Rembang selama tiga hari (20-22/10/2019). Ada beberapa kegiatan inti pada peringatan ini, diantaranya yaitu Pameran produk unggulan yang akan dibuka pada Minggu (20/10/2019) di sekitar Pendopo Museum Kartini. Selama dua hari ini juga diadakan lomba-lomba yaitu lomba hadroh, lomba futsal, dan lomba karya tulis ilmiah.

Jateng Bersholawat akan digelar Senin, (21/10/19) malam di lapangan Gandrirojo, Sedan dengan menghadirkan Habib Zaenal Abidin Assegaf Pekalongan dan pengisi tausiyah adalah KH Bahaudin Nursalim. Sedangkan sarasehan hari santri akan dilaksanakan Senin siang (21/10/2019) bertempat di STAI Al Anwar dengan rencananya dihadiri oleh Gubernur Jateng, Kapolda Jateng, dan KH Abdul Ghofur Maemun.