Nur Khamim, Bercita-cita Membangun Desa Digital

Khamim bersama keluarga saat pelantikan Perangkat Desa. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Sulang – Khamim, Demikian biasa orang memanggilnya. Dilahirkan dari keluarga sederhana dengan bapaknya adalah tukang batu bangunan, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga. Sejak kecil kedua orang tuanya mendidiknya dengan nilai-nilai keislaman, karena lingkungannya dekat dengan pondok Kemadu. Sejak SMP – SMU selalu mendapat peringkat 5 besar di kelasnya. Ayah dari 2 Anak ini Kelahiran Rembang,28 Januari 1982 sekarang tinggal di Desa Kemadu dan mempunyai spirit besar dalam berkarya.

Jebolan IPPI Jogjakarta jurusan Administarsi Perkantoran tahun 2002, mengawali karir pertama kali di perusahaan batik Jogja pada tahun 2002-2003. Setahun berselang dia kembali ke kampung halaman untuk mengabdi di MTs Ar- Rohman 2 Bulu sebagai staf tata usaha (TU).

Tahun 2004 mengajar Teknologi Informasi dan Komputer (TIK), Pada tahun 2009 mendapat subsidi/ Beasiswa Kementrian Agama untuk melanjutkan S1 PAI jurusan STAI Al Muhammmad Cepu (AMC) dan tahun 2014 lulus dengan IPK 3,5. Tahun 2015 ia mengikuti program sertifikasi guru dan mendapatlkan sertifikat guru profesional Mapel IPS, Sekalipun Mengajar IPS, ia tetap membantu bidang IT di MTs.

Pada Awal tahun 2018 ia diterima atau lolos tes perangkat Desa Kemadu peringkat I yang diselenggarakan di UNDIP Semarang. Sekarang ia menjabat sebagai Kaur Perencanaan. Motivasi saya adalah ingin membangun dan mengembangkan Desa Kemadu menuju era Digital.

Sebelum menjadi perangkat desa, ia juga pernah menjabat sebagai sekretaris LPMD selama 2 periode mulai tahun 2013- 2017. Tahun 2016 menjadi koordinator Kader Pemberdayaan Masyarakat Desa (KPMD).

Pengalaman Kerja dan Cita-cita Desa Digital

Karier panitia pemilu, diawali menjadi Anggota KPPS, Anggota PPS dan Tahun 2009-2015 menjadi Anggota PPK Kecamatan Sulang bagian Pemutakhiran Data Pemilih (Mutarlih). Kegiatan Mutarlih antara lain pemutakhiran daftar pemilih sementara (DPS), daftar pemilih tetap (DPT). Ucapnya

Akhir tahun 2017 sampai 2019 terpilih menjadi anggota Panitia Pengawas Kecamatan (PANWASCAM) Kecamatan Sulang, sebagai divisi penindakan pelanggaran. “Tugas Panwascam secara garis besar adalah melakukan pencegahan dan penindakan di wilayah kecamatan terhadap pelanggaran,” terangnya.

Panwascam untuk kecamatan Sulang membawahi 21 Desa, sedangkan model atau metode pelaporan kerjanya bisa menggunakan 2 cara : pertama hardware (berupa laporan-laporan berupa bukti tertulis). Yang kedua via email atau mengupload kegiatan di facebook.

Desa Kemadu letaknya startegis, karena berada pada jalur Rembang-Blora, sehingga mulai banyak dilirik oleh berbagai macam industri. Mulai dari industri tembakau, pabrik gula dan lain-lain, Oleh karena itu untuk mewujudkan dan mendorong kemajuan Desa, Ia Membangun jaringan Informasi pada masyarakat melalui dunia digital, hal ini dilatarbelakangi oleh masyarakat yang mulai pasif atau malas ke balai desa untuk melihat pengumuman desa.

Meng update informasi atau segala bentuk kegitan Desa melalui jaringan digital, melalui web atau facebook, sehingga bangun tidur masyarakat cukup melihat HP untuk melihat perkembangan informasi kekinian. Dia juga berharap masyarakat aktif dan berpartisipasi dalam program kegiatan di Desa, Ucapnya.