Tanamkan Jiwa Disiplin Melalui Lomba PKS

Penyerahan piala kepada juara 1 sampai harapan 3, pada lomba PKS tingkat SMP/ MTs Kabupaten Rembang. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Rembang – Ratusan siswa yang tergabung dalam pelajar tingkat SMP/MTs di Kabupaten Rembang mengikuti lomba Patroli Keamanan Sekolah (PKS) yang diselenggarakan Polres Rembang baru-baru ini. Kegiatan ini diselenggarakan di GOR Mbesi Rembang, mulai pukul 07.00 WIB – Selesai.

Acara ini merupakan bagian dari peringatan hari ulang tahun Polisi Lalu Lintas (Polantas). Sebanyak 12 Tim atau peserta yang mewakili tiap-tiap kecamatan masing-masing, tampak turut serta dan penuh semangat dalam mengikuti lomba tersebut.

“Lomba ini mempunyai maksud dan tujuan untuk menanamkan jiwa disiplin bagi anak-anak, belajar bertanggung jawab dengan menjaga ketertiban dan keamanan sekolah masing-masing,” Ungkap salah satu panitia.

Tiap regu mempunyai waktu 15 menit untuk tampil, dengan menampilkan kemampuan baris berbaris dan sejumlah atraksi lain yang memukau dan membuat para penonton serta juri terpukau.

Beberapa kriteria penilaian yang dijadikan parameter antara lain kekompakan, keserasian gerakan dalam baris-berbaris, senam gerakan, kerapian pakaian.

Dalam lomba ini diambil juara 1, 2 dan 3 serta harapan 1,2 dan 3 untuk mendapatkan tropi dan uang pembinaan.

Hasil lomba adalah Juara 1 diraih oleh SMP N 3 Rembang, Juara 2 SMP N 1 Kaliori, Juara 3 SMP N 1 Gunem. Sedangkan juara harapan 3 di raih MTs N 4 Rembang.

Bayu salah satu peserta yang mengikuti lomba mengaku senang, karena mendapatkan pengalaman yang berharga, ia berharap dengan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi pelajar untuk lebih disiplin.