Muhammad Maksum, Usaha Ternak Bebek Telur

Maksum, di tengah kesibukannya beternak bebek telur. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Sulang – Usianya relatif masih muda, Maksum panggilanya, laki-laki kelahiran Rembang 25 November 1990 ini berdomisili di Desa Sulang Rt 03 Rw 03 dan sudah menggeluti usaha ternak bebek telur pasca menikah.

Ia menceritakan awal mulanya tertarik usaha telur bebek adalah karena mengikuti sang adik yang terlebih dahulu terjun di ternak telur bebek di desa Warugunung Kecamatan Bulu, kemudian dia banyak belajar akan budidaya bebek dari sang adik.

Sekarang usahanya berkembang pesat, dia memiliki 2 kandang di ladang jauh dari pemukiman warga, bebeknya berjumlah 600 ekor. Pembelian 1 ekor bebek untuk bibit seharga Rp 65.000-70.000,- . “Alasan memilih usaha bebek karena menurutnya mudah untuk dipelajari dan mampu mengantarkan keluarga mereka ke arah peningkatan ekonomi yang lebih baik,” Ujarnya.

Usahanya lebih fokus pada hasil telur mentahnya. Dalam sehari jika cuaca bagus, maka mampu menghasilkan 350 butir telur perhari. Untuk penjualan atau pemasaran dia tidak ambil pusing, karena permintaan pasar yang tinggi, sedangkan produksi telur biasanya 60 % – 70 % dari 600 ekor bebek yang dimilikinya, sedangakan pakan ternak kurang lebih 40 % dari penghasilan, Ungkapnya

Dalam sehari pakan bebek menghabiskan Rp 270.000,- Rp 300.000,- perhari. Macam-macam pakan ternak bebek telur antara lain : Bekatul (Sisa yang hasul dari penggilingan padi) 50 kg, Nasi yang dikeringkan 40 kg, kepala ikan 50 kg, dalam sehari diberi makan 2x yaitu pagi dan sore.

Semua perawatan dilakukan olehnya sendiri, dalam sebulan dikurangi pakan ia bisa menghasilkan lebih dari 5 juta. Untuk masa produktif telur umur antara 10-12 Bulan, untuk usia lebih dari 10 bulan, biasanya dijual dan masuk pabrik, sudah ada yang membeli sendiri, Lanjutnya

Telur sendiri dijual dengan 2 tipe yaitu tipe telur mentah 1 telur seharga Rp 1.800,- Rp 1.900 dan telur asin matang seharga Rp 2.300,- Rp 2.700.

Menurutnya yang menjadi kendala adalah saat cuaca ekstrim, maka produksi telur akan menurun, jadi banyak sedikit jumlah telur yang dihasikan tergantung cuaca. Telur sendiri tahan lama, untuk telur asin matang kuat bertahan sampai 1 bulan, sedang untuk telur mentah kurang lebih 15-20 hari.

Tidak hanya bebek, ia juga aktif di pertanian dengan menanam tembakau, alasanya karena antara kandang dengan tanaman bakau berdekatan, jadi bisa dipantau langsung. Mimpi kedepan  maksum adalah punya berbagai usaha di bidang budidaya, misal budidaya penggemukan sapi, karena ladangnya juga ditanami dengan rumput, Pungkasnya.