Unjuk Kreasi dalam Karnaval Sedekah Bumi

Karnaval sedekah Bumi Desa Sumber berlangsung meriah. (Foto: Dwi Hindarto)

Sumber – Karnaval sedekah bumi sekaligus bertepatan dengan momen peringatan HUT RI ke-74 di desa Sumber berlangsung meriah. Sebanyak 14 rukun tetangga (RT) menampilkan kreasi masing-masing dengan melibatkan warga desa tersebut.

Mukhlisin ketua panitia sedekah bumi mengungkapkan, agenda karnaval sedekah bumi menjadi salah satu agenda rutin yang digelar tiap tahun.

“Tujuan diadakan tasyakuran sedekah bumi Desa Sumber adalah sebagai salah satu wujud syukur masyarakat Desa sekaligus untuk melestarikan budaya lokal, “ Ucap Mukhlisin.

Rangkaian acara sedekah bumi antara lain lomba voli antar RT, pertandingan sepak bola antar kecamatan, pengajian, pertunjukan kesenian ketoprak sekaligus pentas seni anak. Sebelumnya beberapa RT menjelang malam HUT RI menggelar malam tirakatan dengan tasyakuran masing-masing RT dan tahlil, serta doa bersama.

Kegiatan karnaval berlangsung Minggu (18/8/2019) dimulai pukul 08.00 WIB – Selesai dengan rute diawali dari lapangan kemudian keutara sampai pertigaan dukuhan bulak sempu dan kembali mengelilingi Desa Sumber.

Ada 14 tampilan yang ditampilkan dari masing-masing RT, antara lain kesehatan, peternakan, keamanan, misteri, pesantren, perkebunan, transportasi, gunungan hasil bumi, seni tradisional, nelayan, pertanian, pahlawan kemerdekaan, pendidikan dan olah raga.

Dalam pantaun tampak beragam bentuk tampilan pada karnaval seperti kostum batik karnival, reog, barongan, senam sehat ibu-ibu, kostum daur ulang limbah bekas dan lain-lain.

Karnaval berlangsung meriah dengan hadirnya penonton yang tampak antusias dari berbagai Desa dan Kecamatan lain yang ikut menonton di pinggir jalan. Marching Band dari berbagai sekolahan pun ikut berpartisipasi, antara lain SMU Sumber, MA Mambaul Ulum, MTs N 4 Rembang, SMP N 1 Sumber, MI Islamiah Sumber dan SD Sumber.