Sosialisasi Aku Bangga Aku Tahu (ABAT) dan Napza

Peserta Didik MTs N 4 Rembang saat mengikuti penyuluhan tentang kesehatan bahaya NAPZA, HIV dan AIDS. (Foto: Dwi Hindarto)

Sumber – Untuk meningkatkan pengetahuan siswa tentang pentingnya arti kesehatan, Puskesmas Sumber mengadakan penyuluhan kepada siswa-siswi MTs N 4 Rembang.

Kegiatan berlangsung di mushola Al-Ikhlas MTs N 4 Rembang baru –baru ini dan dilaksanakan pukul 08.00 WIB – Selesai, dengan diikuti oleh perwakilan siswa kelas 7 sebanyak 100 siswa. Mereka tampak antusias mengikuti penyuluhan sosialisasi ABAT HIV / AIDS.

Kegiatan sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan derajat kesehatan peserta didik dan penyebarluasan informasi kesehatan pada peserta didik tentang bahaya, serta pencegahan penyakit HIV/ AIDS, IMS dan NAPZA ( Narkotika Psikotropika Zat adiktif dan Obat-obatan terlarang).

Penyuluhan kesehatan ini dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Rembang melalui Petugas Puskesmas Sumber yang diwakili oleh Bapak Rubiyanto dan Ibu Sri Dewi Lestari selaku nara sumber.

Dalam kesempatan itu juga dijelaskan secara detail melalui layar proyektor dan juga diskusi bersama siswa-siswi tentang pengertian, cara penularan baik HIV/ AIDS mapun NAPZA Maksud dan tujuan diadakannya sosialisasi ini agar peserta didik mengerti dan jelas sejak awal atau dini tentang penyakit tersebut.

Orang bisa mudah tertular penyakit jika kekebalan tubuh dirusak oleh virus HIV. Ada 3 cara penyaluran HIV antara lain: darah, saluran kelamin dan Asi. Untuk Napza butuh penanggulangan dan pengawasan dari semu pihak ungkap nara sumber.

Masrum mengungkapkan bersyukur dengan adanya penyuluhan ini, karena bisa menjadi bekal pengetahuan dan benteng anak dalam menghadapi era milineal ini..

“ Banyak manfaat yang diperoleh dari peserta penyuluhan, diantaranya adanya informasi kesehatan yang bertujuan meninggkatkan derajat kesehatan siswa,” Ucapnya Masrum.

Kirana Verisha siswa kelas VII mengaku senang dan bangga bisa mengikuti sosialisasi ini, karena dapat pengetahuan tentang berbagai macam informasi kesehatan.