Puskesmas Sumber Adakan Penjaringan Kesehatan Siswa

Petugas kesehatan dari Puskesmas Sumber, saat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada siswa. (Foto: Dwi Hindarto)

Rembang – Untuk meningkatkan kualitas kesehatan siswa, Puskesmas Kecamatan Sumber melaksanakan pemeriksaan rutin atau penjaringan kesehatan bagi peserta didik kelas VII, pada Selasa (27/8/2019) jam 08.00 Wib – Selesai. Dalam kegiatan tersebut ada 5 petugas penjaringan kesehatan yang datang.

Penjaringan kesehatan dilakukan sebagai salah satu upaya bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mengecek, mendeteksi secara dini kesehatan siswa. Jika terdapat siswa yang memiliki masalah kesehatan, maka dapat dicegah sedini mungkin.

“Pemeriksaan kesehatan meliputi timbang berat badan, pengukuran tinggi badan, pengecekan mata buta warna atau tidak, kesehatan gigi, pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan masalah jantung, paru-paru, riwayat kesehatan anak, dan riwayat kesehatan keluarga, Penjaringan kesehatan ini adalah program rutin untuk semua sekolah,” Ungkap Vivi salah satu petugas kesehatan.

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang kelas masing-masing MTs N 4 Rembang yaitu siswa kelas VII.1 sampai VII.6 sebanyak 164 siswa. Tampak siswa antri menunggu giliran untuk dipanggil namanya satu-satu kedepan.

Kepala Madrasah Masrum mengapresiasi kegiatan tersebut, karena siswa jadi tahu arti penting kesehatan sejak usia dini. Ia mengingatkan kepada para peserta didik untuk menjaga kesehatannya masing-masing saat dilingkungan madrasah maupun dirumah.

“Kesehatan sangat penting dalam mendukung proses kegiatan belajar mengajar, karenanya jangan lupa sarapan saat pagi sebelum berangkat sekolah,”Ucapnya.

Petugas kesehatan juga mengingatkan kembali kepada siswa untuk peduli terhadap kebersihan dan kesehatan dengan rajin berolahraga, tidak jajan sembarangan dan membuang sampah pada tempatnya.