Kwarcab Rembang Serukan Save Produk Lokal di Hari Pramuka

Hari Pramuka ke 58 Kwartir Cabang Rembang di Bumi Perkemahan Karangsari Park Sulang. (Foto:Rembangkab.go.id)

Rembang – Gerakan pramuka Kwartir Cabang Rembang di hari pramuka ke-58 dengan tema “Gerakan Pramuka Bersama Seluruh Komponen Bangsa Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI”, serta Raimuna Cabang V “Berani, Inovatif dan Bersaudara”. Diikuti Kwaran dan Dkc 14 kecamatan.

” Anggota pramuka dihimbau untuk cinta produk dalam negeri dengan cara mengkonsumsi produk lokal dalam setiap kegiatan pramuka maupun dalam kesehariannya. Hal itu adalah salah satu bentuk loyalitas terhadap negara dan kecintaan terhadap NKRI dan para petani,” ucap Bupati saat memimpin upacara peringatan Hari Pramuka ke 58 Kwartir Cabang Rembang di Bumi Perkemahan Karangsari Park Sulang, baru-baru ini.

Bupati menambahkan, dengan mengkonsumsi produk impor, efek jangka panjang ketahanan pangan dalam negeri akan semakin rentan dan ketergantungan pada impor sehingga menyebabkan ketahanan nasional bangsa Indonesia ini sangat tergantung dari negara lain.

Menurutnya, Kwartir Nasional sangat tepat dalam mencanangkan gerakan perlindungan bagi petani dengan lebih banyak mengkonsumsi produk pertanian lokal. kedepannya saya harapkan tidak ada lagi konsumsi oleh anggota pramuka produk makanan dari gandum atau bahan lain yang terus diimport.

Kontribusi Pramuka diharapkan mampu menjadi pelopor dalam memerangi Korupsi, Kolusi dan Nepotisme, terpaparnya radikalisme dan terorisme serta maraknya penyalahgunaan narkoba.

Pada kesempatan yang sama Ketua Kwartir Cabang Rembang, Kak Bayu Andriyanto sekaligus Wakil Bupati Rembang berharap gerakan pramuka mampu menjadi icon dan pilar untuk menanamkan jiwa patriotisme kepada generasi muda dan mencetak generasi yang berkualitas, unggul di era 4.0 ini.

” HUT Pramuka ke 58 ini, diharapkan 14 Kwaran di Rembang semakin solid, kompak menjaga keutuhan NKRI dan kemajuan Kabupaten Rembang. Selain itu bisa bersama-sama merawat, melestarikan Bumi Perkemahan Karangsari Park,” Ucap Bayu.

Beberapa perbaikan yang diperlukan untuk meunjang Bumi Perkemahan Karangsari Park antara lain fasilitas MCK, jalan utama dan ketersediaan air bersih. Setelah semua fasilitas tersebut terpenuhi nantinya tempat itu dapat dikembangkan sebagai wahana outbond atau wisata yang sifatnya back to nature.

Kegiatan HUT Pramuka ke 58 ini juga dimeriahkan berbagai penampilan, mulai dari drum band, tarian yang membuat semua peserta terpukau dan menyatu seperti Bupati Rembang dan Wakil Bupati yang juga sebagai Bayu Andriyanto ikut berjoged bersama karakter Hanoman.