Antusiasme Masyarakat Sumber Berkurban Tinggi

Masyarakat Sumber bekerjasama dalam persiapan penyembelihan hewan kurban. (Foto: Dwi Hindarto)

Sumber – Antusiasme masyarakat Sumber dalam berkurban di hari raya Idul Adha meningkat tahun ini. Ada sebanyak 7 ekor sapi dan 24 ekor kambing yang merupakan hewan kurban dari masyarakat sekitar.

Pada momen Idul Adha kemarin, Masjid Al Marjan Sumber mengadakan kurban di halaman Madrasah Diniyah (Madin) atau belakang Masjid Desa Sumber, dilaksanakan acara prosesi penyembelihan hewan kurban, Minggu (11/8/2019). Berkurban merupakan sebuah kesunahan yang sama sekali tidak memberatkan bagi warga muslim Desa Sumber bagi yang mampu.

Pemotongan hewan kurban hewan dilaksanakan sesaat setelah sholat idul adha yaitu pukul 07.30 WIB sampai selesai. Sholikin, panitia kurban mengatakan, kurban ini adalah kurban dari jemaah Masjid Al Marjan Sumber yang terdiri atas masyarakat RW 01 sampai RW 04.

“Kurban tidak hanya memiliki makna vertikal dengan Tuhannya, tetapi juga memiliki makna yang lain yaitu dimensi sosial dalam membangun hubungan antar sesama manusia,” kata Sholikin.

Ketika pelaksanaan penyembelihan kurban, warga dari dukuh sekitar juga antusias dalam menyaksikan prosesi pemotongan hewan kurban. Untuk memastikan kesehatan hewan kurban, panitia juga menggandeng dinas kesehatan hewan setempat untuk memastikan standardisasi, kelayakan dan keamanan daging kurban. “Alhamdulillah semua hewan dinyatakan layak,” ujar sholikin.

Panitia dan Ta’mir masjid mendistribusikan daging kurban ke sekitar dukuh Sumber sebanyak 800 anggota keluarga. Pembagian hewan kurban sendiri berlangsung sampai sore dan panitia tetap semangat saling membantu dalam mendistribusikan daging kurban.

“Tujuan kurban sendiri di antaranya adalah membangun semangat berbagi kepada sesama dengan menumbuhkan rasa empati, semoga kedepannya spirit qurban dari warga terus istiqomah dan makin banyak hewan qurban yang dbagikan bermanfaat bagi penerima kurban,” Ucap Sholikin