Rizka Asli Rembang Bersama Timnya Berhasil temukan Produk Nothing

Rizka, paling kanan bersama Timnya berhasil temukan produk pemutih gigi anti bakteri “Nothing”. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Rembang – Rizka putra asli rembang bersama timnya kembali berhasil ukir karya gemilang, setelah sebelumnya pada tahun 2018 mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas di ajang Japan Design, Idea dan Invention Expo 2018 bersama teman-temannya dari UNDIP Semarang.

Sekarang yang terbaru Rizka Zakiyatul M. (S1-Fisika) bersama anggota timnya yang terdiri dari Endah Sulistyoningrum R. (S1-Biologi), Kencana Ayudya P.  (S1- Biologi), Lilik Tri Wahyuni  (S1-Akuntansi) dan Zainal Arifin (S1-Matematika) dibawah bimbingan Dr. Agus Subagio. S.Si, M.Si (Dosen Fisika UNDIP) berhasil menemukan Nothing.

Apa itu Nothing ?  Nothing adalah produk pemutih gigi anti bakteri yang terbuat dari karbon aktif alami. Dimana Charcoal ini merupakan bahan aktif yang mampu mengikat kotoran sehingga dapat membuat gigi menjadi lebih putih. Selain itu, teknologi nanopartikel kami pilih karena dapat meningkatkan daya serap bakteri sehingga lebih cepat dan efisienitu merupakan kepanjangan dari Nanoparticle Natural Charcoal Teeth Whitening.

Menurutnya, Nothing  terbuat dari bahan  karbon aktif yang terbukti mampu membuat gigi menjadi lebih putih. Selain itu, Nothing diproduksi dari bahan-bahan pilihan yang tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan mulut. Sementara pasta gigi yang digunakan sehari-hari hanya bermanfaat untuk membersihkan saja tanpa memiliki daya untuk memutihkan gigi. Pasta gigi juga mengandung SLS (Sodium Laury Sulfat) yang menyebabkan efek samping berupa karsinogenik (penyebab kanker) ketika bahan tersebut sering mengenai dinding mukosa mulut.

Proses munculnya ide

Munculnya ide pertama kali, berawal dari hal sepele sebenarnya, ketika kita menyadari ternyata banyak pecinta kopi dan rokok di area tembalang dan rata-rata, orang yang keseringan merokok dan suka minum kopi itu giginya kuning. Setelah melakukan studi literatur ternyata kandungan kopi dan rokok yang sangat pekat tersebut bisa menempel pada gigi dan memberikan efek gigi kuning. Nah disisi lain, Charcoal itu punya daya serap kotoran sehingga dapat memberikan efek pemutihan gigi, Ungkapnya.

Kita memulai usaha ini sekitar bulan April. Jadi, sekitar udah 3 bulan ini. Dan Alhamdulillah penjualannya sudah sekitar 200an produk.

“Saat ini sudah ada 2 varian rasa dan 3 varian ukuran dan untuk pengembangannya pun bertahap. Bulan pertama produksi kita sudah mulai coba 2 varian ukuran yaitu 50ml dan 100ml, itupun masih 1 rasa yaitu rasa mint. Kemudian bulan Kedua, kita coba untuk menambah variasi ukuran menjadi 20ml. Supaya lebih terjangkau dari segi harga dan pemakaian. Kemudian bulan ketiga inilah barulah kita menambah varian rasa baru yaitu aroma orange. Dan Alhamdulillah respon pasar pun positif, malah waktu kita posting pertama kali di ig banyak yang ingin mencoba,” Lanjutnya

Harganya terjangkau dan pastinya cocok di kantong mahasiswa. Karena ada 3 varian ukuran jadi kita juga punya 3 varian harga yang berbeda yaitu untuk 20 ml : Rp 7000, 50 ml : Rp 15000, 100 ml : Rp 25000.

Baik mint maupun orange hargannya tetap sama. Untuk pemesanan bisa melalui online maupun offline. Khusus Online bisa melalui ig, line atau Shopee. Ig nothing.whitening, NOTHING. Khusus offline, kami biasanya ready stok di CFD atau event-even di Kota Semarang.

Suka dan duka saat ikut penelitian yaitu sukanya tentu lebih banyak dari dukanya. Sukanya bisa melatih softskill di usia muda, Jadi lebih paham strategi pemasaran yang baik. dukanya lebih ke pembagian waktu. Wajarlah, apalagi kita berlima masih berstatus mahasiswa. Beda jurusan dan punya kesibukan masing-masing, Ujarnya.

Ia dan timnya berharap dapat membuka Start Up baru, Memperluas cabang produksi, Bekerja sama dengan perusahaan ternama, dan diikutkan dalam program kewirausaahan lain yang didirikan oleh dikti seperti KKIB, CPBT, PPBT.