KSM Wahana Peningkatan Kualitas Pengetahuan Madrasah

Siswa MA Riyadlotut Tholabah saat tampil pada acara pembukaan KSM 2019. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Sedan – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2019 tingkat kabupaten Rembang yang diselenggarakan oleh Kantor Kementrian Agama kabupaten Rembang, bertempat di MA Riyadlotut Thalabah Sedan, berlangsung megah dan meriah.

Kompetisi yang digelar di MA Riyadlotut Thalabah Sedan pada Sabtu (20/7/2019). Peserta KSM terdiri atas 11 cabang lomba dan diikuti oleh 566. Sebanyak 179 siswa merupakan peserta dari MI, 218 siswa adalah peserta dari MTs, dan 169 siswa merupakan peserta dari MA.

Sebelum kompetisi dimulai berbagai acara digelar dengan sangat megah dan menarik perhatian para pengunjung, diantara hiburan yang ditampilkan yaitu Marching Band Al-Husain, dengan mementaskan puluhan varian tarian dari seluruh penjuru nusantara, lagu-lagu sholawat, kembang api dan pelepasan balon sebagai tanda pembukaan dimulai.

Agenda tahunan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Kankemenag Kabupaten Rembang, Atho’illah, beserta segenap pejabat Kemenag Rembang.

“KSM ini adalah upaya wahana yang tepat untuk meningkatkan budaya pelajar, kreativitas dan inovasi yang didasarkan pada iman dan Islam,” Kata Atho’illah dalam sambutan pembukaan.

Jasim selaku Ketua Penyelenggara, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Rembang mengungkapkan, juara I, II, dan III akan maju ke KSM tingkat Provinsi pada bulan Agustus mendatang di Kebumen, Jawa Tengah

Pada kesempatan sama, digelar pameran karya siswa Riyadlotut Sedan. Pameran menampilkan hasil kreasi siswa diantaranya hasil olahan bahan pangan, layanan kesehatan dengan cek asam urat dan kolesterol untuk para pengunjung.