Antusiasme Peserta Didik Baru Ikut Seleksi Bilingual

Peserta didik baru tampak fokus ikuti seleksi kelas bilingual di MTs N 4 Rembang. (Foto: Dokumentasi MTs)

Sumber – Untuk meningkatkan skill, kemampuan berbahasa asing khususnya bahasa inggris bagi peserta didik, MTs N 4 Rembang melakukan terobosan baru dengan program bilingual, hal ini dilatarbelakangi oleh lemahnya kemampuan bahasa inggris para lulusan sekolah tingkat menengah atau madrasah di sumber.

Diharapkan, kelak kedepannya dapat menjadikan bahasa inggris sebagai bahasa harian di madrasah.

Masrum selaku Kepala Madrasah MTs N 4 Rembang menuturkan bahwa tes seleksi peserta didik baru kelas bilingual Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Rembang Tahun pelajaran 2019/2020 ini bertujuan mencari bibit yang handal bidang bahasa inggris sebagai bekal menghadapi UAN, meningkatkan kemampuan siswa , mengembangkan minat dan bakat siswa dan bekal kelak menghadapi era milineal sekarang ini, Ucapnya.

Seluruh siswa kelas VII MTs N 4 Rembang baru-baru ini mengikuti proses seleksi atau penyaringan kelas bilingual. Sebanyak 168 siswa antusias mengikuti proses seleksi tersebut.

Dwi Asri Mulatsih Ketua bidang pengembangan mengungkapkan, mata pelajaran yang diujikan pada rangkain seleksi yaitu Bahasa Inggris, IPA, Matematika dan Agama. Adapun pelaksanaan seleksi, yaitu jam 07.30-09.30 WIB, nantinya siswa kelas VII akan di saring menjadi 64 siswa untuk menempati 2 ruang kelas bilingual. Hasil seleksi akan diumumkan pada minggu pertama hari masuk Madrasah.

Kedepannya tiap hari senin-kamis, jam 13.30-15.00 WIB, siswa akan mengikuti jam tambahan dengan berbagai materi diantaranya reading and writing, speaking, pronunciation, grammar, short expression, vocabullary, ipa, matematika, jurumiyah dan ta’limul muta’lim, Kata Asri.

Untuk tahun ini MTs N 4 Rembang miliki 6 kelas bilingual, dengan rincian kelas VII sebanyak 2 kelas, kelas VIII sebanyak 2 kelas dan kelas IX juga sebanyak 2 kelas. Fasilitas yang dimiliki kelas bilingual antara lain : Ruang belajar AC, Air minum gratis, Tenaga pendidik bahasa inggris dari tenaga profesional.