25 Mahasiswa UGM KKN di Kabupaten Rembang

Mahasiswa UGM siap menjalankan KKN-PPM di Rembang. (Foto: rembangkab.go.id)

Rembang – Sebanyak 25 mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM) berbagai fakultas dan program bidang studi menjalankan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) periode dua di Kabupaten Rembang. Seremonial penerjunan KKN ini dilaksanakan di Pendapa R.A Kartini Senin siang (1/7/19) waktu setempat.

Mereka (KKN-PPM UGM) tahun ini akan ditempatkan di desa pilihan dengan prioritas desa miskin yang terletak di Kecamatan Gunem, tepatnya di Desa Tegaldowo, Pasucen dan Desa Kajar.

Kehadiran rombongan mahasiswa UGM disambut Bupati Rembang melalui Asisten III Noor Effendi. Dihadapan para mahasiswa, beliau mengatakan bahwa Pemkab sudah melakukan upaya dalam menanggulangi penurunan angka kemiskinan, dengan membentuk beberapa program-program seperti Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Keluarga Harapan (PKH), Beras Sejahtera (RasTra), Kesehatan dan Pendidikan Gratis, Industri Rumahan (Istri Mantab), pendampingan OPD kepada desa prioritas kemiskinan serta kemitraan, dan pendampingan KKN tematik di desa prioritas miskin.

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Rembang Hj. Hasiroh Hafidz dalam kesempatannya mengucapkan selamat datang dan juga memberikan gambaran mengenai sumber daya yang ada di Kabupaten Rembang.

Menurutnya, peran nyata KKN PPM UGM diharapkan dapat memberikan motivasi serta pelatihan terhadap ibu-ibu rumah tangga khusunya untuk TP PKK Desa yang ada didesa tersebut, agar bisa mempunyai kreatifitas tinggi sehingga dapat menghasilkan ekonomi mandiri.

Selain dari Universitas Gajah Mada, kabupaten Rembang juga sudah menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dalam penerjunan mahasiswa KKN, diantaranya dari Institut Teknologi Bandung, Universitas Islam Sultan Agung, Universitas Muria Kudus, Universitas Diponegoro, STAI Al-Anwar, Universitas Sebelas Agustus, dan Universitas Surakarta.