Ajarkan Siswa Berwirausaha dengan Lomba Memasak

Kemeriahan lomba memasak siswa-siswi MTs N 4 Rembang. (Foto: Dwi Hindarto)

Sumber – Dalam rangka mengenalkan dan mengajarkan jiwa berwirausaha sejak dini pada peserta didik, MTs N 4 Rembang menggelar class meeting dengan lomba memasak antar kelas.

Sebanyak 12 kelas mulai dari kelas VII sampai kelas VIII mengikuti even lomba memasak. Pelaksanaan lomba diadakan baru-baru ini, dengan tiap – tiap kelas mendelegasikan perwakilannya baik siswa putra maupun putri untuk belajar menjadi koki cilik, sedangkan siswa yang lain tiap-tiap kelas dengan didampingi wali kelas menjadi supporter.

Semua peralatan dan perlengkapan disediakan sendiri oleh masing-masing kelas. Jenis menu yang dilombakan adalah memasak nasi goreng untuk siswa putra dan olahan bahan pangan seperti pisang coklat, klepon, nugget pisang, bola-bola ice dan minuman alami beserta kreasi penyajiannya untuk siswa putri.

Teknis lomba adalah semua bahan mentah disiapkan dari rumah, sedangkan untuk memasak dan penyajian disekolahan. Semua bahan masakan alami dan tidak diperkenankan menggunakan pengawet dan penyedap rasa buatan

Masrum selaku kepala madrasah berharap dengan diadakannya kegiatan memasak nasi goreng, mudah-mudahan bisa menjadi bekal dan pengalaman, sehingga kelak bisa muncul entrepreneur muda yang sukses dibidang kuliner, ungkapnya.

Dalam lomba memasak ini ada 5 kriteria yang menjadi pedoman penilaian yaitu proses pembuatan, kerjasama tim, tampilan penyajian dan cita rasa.