Kemenag Rembang Salurkan Zakat Senilai 234,8 juta

Penyaluran zakat oleh UPZ Kemenag Rembang di Masjid Agung (Foto: Kemenag Rembang).

Rembang – Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Rembang Atho’illah mengungkapkan Kemenag Kabupaten Rembang berhasil menghimpun perolehan zakat sebesar 234,8 juta rupiah. Dana tersebut merupakan zakat dari gaji, tunjangan kinerja, tunjangan profesi guru ASN Kemenag Rembang periode Januari – April 2019.

Pendistribusian zakat oleh Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kemenag Rembang dilaksanakan pada Kamis (16/5/2019) di Masjid Agung Rembang.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Bupati Rembang, Abdul Hafidz, Kepala Kankemenenag kabupaten Rembang, Atho’illah, jajaran Forkopimda Kabupaten Rembang, Ketua BAZNAS Kabupaten Rembang, Abdul Wahid Hasby bersama pengurusnya, beserta para mustahik.

Atho’illah mengatakan, jika dihimpun setahun, maka zakat yang dihimpun oleh Kemenag Rembang akan mencapai lebih dari 700 juta rupiah. Nilai ini merupakan kontribusi dari perolehan zakat Baznas selama setahun.

Atho’illah mengungkapkan, “awalnya bukanlah hal yang mudah, diperlukan perjuangan berupa pemaparan, persuasi, gerakan penyadaran sehingga segenap ASN akhirnya tergerak untuk membayar zakat dan akhirnya berhasil mendorong segenap ASN Kemenag membayar zakat dengan mensisihkan 2,5 persen dari gaji, tukin, dan tunjangan profesi guru,” ungkapnya.

Pendistribusian zakat oleh UPZ Kemenag membagikan zakat kepada 284 mustahik yang terdiri atas 279 fakir miskin dan 5 orang pelaku usaha kecil. Masing-masing fakir miskin mendapatkan zakat sebesar 400 ribu rupiah. Sedangkan satu orang pelaku usaha mendapatkan bantuan senilai 1 juta rupiah.

Sukaena penerima zakat ketegori untuk usaha produktif mengatakan, dengan bantuan modal sebanyak 1 juta rupiah sangat membantu untuk mengembangkan usaha toko kelontong. Warga Desa Tiremen, Rembang ini mengaku sudah puluhan tahun mempunyai usaha warung sembako. Ia mengatakan akan memanfaatkan tambahan modal dengan sebaik-baiknya sehingga usahanya bertambah besar.

Ali Muhyidin selaku Gara Syariah Kemenag Rembang menjelaskan, total pendistribusian zakat pada kegiatan ini sebanyak 116,2 juta rupiah. Total pendistribusian pada bulan puasa ini sebanyak 136,2 juta rupiah. Adapun yang 20 juta rupiahakan akan kami distribusikan pekan depan pada kegiatan lain.