Rizka Zakiyatul Miskiyah, Muda Prestasi Dunia

JUARA – Rizka saat mengikuti lomba di ajang Japan Design (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Rembang, REMBANGDAILY.COM *** Nama lengkapnya Rizka Zakiyatul Miskiyah lahir di Rembang 15 maret 1997, makanan kesukaanya bakso, film favoritnya adalah Harry Potter dan film-film inspiratif berbau keilmuan seperti 3 idiot dan lain-lain asal Desa Krikilan kecamatan Sumber-Rembang Jawa Tengah baru saja mengharumkan nama Indonesia dengan meraih medali emas di ajang Japan Design, Idea dan Invention Expo 2018 bersama teman-temanya dari UNDIP Semarang.

Perempuan smart, calm, cantik ini berstatus mahasiswa jurusan fisika Universitas Diponegoro Jawa tengah tergabung dalam kelompok penelitian yang beranggotakan Ari Purnomo, Ilham Nur Hakim Rambe, dan Chusnul Khotimah dari Teknik Kimia, Falasifah dan Amalina Nabila Sulistyo Rini dari Biologi, serta Rizka Zakiyatul dari Fisika dan Ajeng Kurniawati dari Agribisnis.

Karya yang ditampilkan adalah menciptakan teknologi bioetanol sebagai pengganti premium dan biodiesel sebagai pengganti solar dengan metode yang lebih efektif dan efisien. Sederhananya, membuat terobosan agar biofuel yang diciptakan bisa menghemat energi, tahapannya lebih sederhana, dan dapat menekan biaya, Ucapnya.

Rizka lahir dari keluarga sederhana ayahnya bekerja sebagai staf tata usaha di MTs N 4 Rembang, sedangkan ibunya adalah ibu rumah tangga, sejak kecil berita- cita ingin menjadi seorang ilmuwan. Ia selalu tertarik ketika ada sesuatu hal yang berbau inovasi, kebaharuan. Hal ini didukung dengan rasa penasaran yang tinggi akan suatu hal yang baru, sehingga minat banget di bidang penelitian.

Menurutnya penelitian selalu mengajarkan bagaimana menemukan suatu hal yang baru, menambah kreativitas, mengetahui banyak hal, banyak teori dan praktek yang tidak hanya sekedar praktikum semata.

Siswa Berprestasi dan Multitalenta

Saat menjadi siswa di MTs N Sumber sudah meraih berbagai prestasi diantaranya Juara 1 IPA se MTs/ SMP tingkat Kabupaten Rembang, Juara 1 IPA dalam HUT SMAN 1 sumber, Juara 2 lomba matematika tingkat kabupaten Rembang oleh Unisma. Saat di MAN Rembang prestasi yang diraihnya adalah Juara 1 lomba kimia se Kabupaten Rembang, Juara 3 lomba tilawah Qur’an se Kabupaten Rembang.

Awal mula tertarik fisika karena sains itu menyenangkan baik fisika, kimia maupun matematika. Sebenarnya kalau ingin kembali bercerita, awalnya dalih-dalih mengimpikan diri untuk masuk teknik kimia dikarenakan secara nama, sangat keren banget, salah satu sarjana yang paling banyak dicari, namun takdir mengatakan fisika. Awalnya dari Fisika lumayan benci dengan mekanika. Tapi dengan segala magic yang ada di fisika, maka semakin hari semakin bangga dan interest banget dengan fisika.

Di Undip peminatan fisika ada 4 bagian yakni radiasi, material, instrumentasi, dan geofisika. Karena sejak awal memang suka kimia banget, ya sudahlah dari awal masuk sudah interest buat gabung di kelompok studi material fisika Undip. Singkat cerita, ada ketertarikan dan kebanggaan sendiri karena melihat banyak kakak-kakak kelas di bidang material suka dengan laboratorium suka mencari suatu ide yang aneh-aneh, inovatif. Misalnya, penelitian mengenai foto katalis si penjernih air, CNT si serbaguna, DSSC si solar cell, dan lain sebagainya. Selain itu, Dosennya di material komunikatif dan support, sangat open ketika mahasiswanya interest untuk melakukan penelitian hingga sekarang, kebetulan karena mengikuti salah satu organisasi yang bergerak di bidang riset semakin menambah semangat dalam mengembangkan potensi di bidang riset dan dengan semuanya lah, sekarang saya sangat-sangat mencintai fisika, very love it, Fisika adalah sains yang serba magic, Magnet jadi listrik, listrik jadi magnet, Ucapnya mantab.

Kegiatan riset yang paling sering di ikuti adalah event PKM (Program Kreativitas Mahasiswa). Merupakan salah satu program yang ter prestise di kalangan mahasiswa seluruh Indonesia. Diadakan oleh ristekdikti sebagai salah satu dedikasi menyongsong Indonesia emas 2045. Pengalaman di PKM selama 3 tahun selalu mengajukan proposal dan alhamdulillah 2 kali tahun 2017 dan 2018 diberi kesempatan untuk mengikuti pendanaan PKM hingga ajang PIMNAS (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional). Salah satu event yang ter besar di kalangan mahasiswa seluruh Indonesia. Dimana tim dari seluruh Universitas di Indonesia berkompetisi ketat di ajang pimnas.

Untuk kategori LKTI, lomba karya tulis ilmiah pernah mengikuti 2 kali lolos finalis tapi belum juara , untuk internasional event mengikuti kegiatan Malaysia technology Expo (MTE) pada bulan Februari 2018 dan mendapatkan bronze medal.

Agenda terdekat insya Allah besok tanggal 29 sampai 2 september mengikuti event pimnas di jogja UNY, semoga pulang mendapatkan medali, Ucapnya.

Prinsip hidunya berusahalah semaksimal mungkin untuk meraih mimpi, Allah selalu ada untuk mewujudkan mimpi-mimpimu. Tuliskan mimpi berdoa lah, dengan kerja keras dan keinginan yang kuat insya Allah tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Dan ingat lah selalu sebaik baik manusia adalah yang menebar kemanfaatan bagi sesamanya. Prestasi oke, tapi jangan lupa sesama juga ya. Prestasi tanpa teman juga suatu hal yang menyedihkan.

Dia juga berpesan untuk adik-adiknya selagi masih muda jangan sia siakan masa kalian. Indonesia telah menanti kalian sebagai generasi emas penerus bangsa. Perbanyak belajar, berinovasi, menjadi siswa yang kritis, kreatif yang tetap menjunjung hormat dan sopan santun yang tinggi. apapun passion kalian, kejarlah!, Ucapnya.

 

2 thoughts on “Rizka Zakiyatul Miskiyah, Muda Prestasi Dunia

Comments are closed.