Ummul Choir, Pembina Qoriah dan Hadrah dengan Segudang Prestasi

SELFIE – Ummul Choir sedang berpose dengan turis di MTs N Lasem-Rembang. (Foto: Dokumentasi Pribadi)

Lasem, REMBANGDAILY.COM *** Ummul Choir dikenal sebagai seorang pegiat pendidikan, khususnya ilmu agama. Sejak kecil ia memang dididik orangtuanya dekat dengan tradisi keagamaan. Ayahnya, Abah Shodiqin, adalah mantan guru MTs Negeri Lasem yang juga mengajar Al-Qur’an dan Hadits.

Selain pernah menjadi pengajar, Abah Shodiqin juga memiliki asrama putri yang diberi nama Ash-Shodiqiyah dengan konsep pondok. Kegiatan di asrama yakni mengaji, baca kitab, dan salat berjamaah. Di asrama itu, Ummu juga mengajar hadrah tiap malam Selasa.

“Dari kecil Abah meminta saya masuk di sekolah basic agama mulai dari MI Nasriyah, MTs Negeri Lasem, MAN Lasem, dan kuliah di Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya ambil jurusan bahasa Arab,” kata Ummul belum lama ini.

Saat kuliah, Ummul aktif di sejumlah kegiatan seperti jadi pengurus BEM Universitas, BEM Fakultas, PMII, dan IQMA (Ikatan Qori-Qoriah Mahasiswa dan Dakwah). Selain itu, ia juga mondok di Pesantren An Nuriyah selama empat tahun dan aktif di grup kosidahan sebagai backing vokal. Pernah menjadi juara 1 saat mengikuti lomba kosidah di Surabaya dengan kategori umum.

Pada tahun 2003 hingga 2007, Ummul aktif di organisasi Ikatan Pelajar Putra Putri NU (IPPNU) cabang Lasem sebagai sekretaris. Dan sampai sekarang pun masih tercatat sebagai sekretaris anak cabang Fatayat NU Lasem. Ia juga aktif mengajar Taman Pendidikan Alquran (TPA) Muslimat NU 3 di Desa Sumber Girang, Lasem dan sekarang menjadi operator madrasah.

Tahun 2007, Ummul mulai mengajar di SMK mengampu mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Selain mengajar ia juga diamanahi sebagai wali kelas dan pembina ekstrakurikuler qoriah.

Bahasa Arab dan Al-Qur’an

Pada saat sekolah di MTs N Lasem, berbagai piala pernah Ummul raih di antaranya sebagai juara II lomba qoriah antar kecamatan dan juara III lomba qoriah antar kabupaten. Ia juga aktif di Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM). Ketika belajar di MAN Lasem, Ummul juga mondok di Al Hidayah yang diasuh oleh KH Maksum. Beberapa prestasi yang pernah diraihnya yakni juara III MTQ tingkat kabupaten dan aktif sebagai pengurus mading.

Sejumlah prestasi yang diraih Ummul juga berkat ketekunannya belajar bahasa Arab dan Al-Qur’an. Ia pun berbagi tips agar bisa lebih cepat berbahasa Arab. Di antaranya sering belajar berbicara menggunakan bahasa Arab atau menghafal percakapan-percakapan (muhaddatsah) meskipun sederhana, kemudian mulai menghafal kosakata (mufrodat) minimal 3 kosakata dalam sehari, dan sering membuka kamus bahasa Arab.

Ia juga berbagi tips cara belajar Al-Qur’an dengan mudah. Yakni pengenalan Al-Qur’an sejak dini mulai dari huruf hijaiyah, tanda baca, tajwid, dan latihan membacanya, kemudian dibaca terus menerus (tumakninah), dan dihafalkan.