Warung Makan Pentungan: Rasa Bintang Lima Harga Kaki Lima

Mas Amir disela-sela aktivitasnya memasak (Foto: RembangDaily)

Rembang, REMBANGDAILY.COM *** Nama lengkapnya Moch Amirrudin. Pria kelahiran Surabaya, 2 Maret 1979 ini dikenal sebagai pecinta kuliner dan ahli memasak. Orang-orang di sekitarnya biasa memanggilnya Mas Amir.

Mas Amir adalah pemilik Warung Makan Pentungan. Lokasinya dari Pasar Pentungan ke barat sekitar 300 meter, tepatnya di pinggir jalan depan praktik dr Nur Khotib. Buka setiap hari pukul 10.00 hingga 22.00 WIB, warung milik Mas Amir menyajikan aneka masakan ikan dan ayam bakar.

Untuk harga dan rasa jangan tanya. Mas Amir menyebutnya rasa bintang lima harga kaki lima, alias sangat terjangkau. Rasanya pun “maknyusss”. Aneka olahan ikan dan ayam yang menggugah selera siap menggoyang lidah Anda.

Ada ikan bakar/goreng, ayam bakar/goreng, otak-otak bandeng, sate klopo Surabaya, sate ayam, tempe penyet, cumi crispy, dan sambal asin. Menu sambal asin menjadi ciri khas dari warung Mas Amir. Untuk minuman ada aneka jus yang semakin menambah selera.

“Agar semakin terjangkau kita juga menyediakan paketan. Paket 1 yakni ayam bakar + nasi + es teh hanya Rp 15.000, kemudian paket 2 ada lele + nasi + es teh hanya Rp 10.000. Apalagi kondisi ekonomi kita yang seperti sekarang ini,” kata Mas Amir.

Bisnis kuliner Mas Amir dimulai pada tahun 2009 di Surabaya. Kemudian pada tahun 2011, ia memilih pulang ke rumah istrinya di Rembang untuk melanjutkan usahanya itu, karena sewa kios di Surabaya mahal, juga ingin dekat dengan keluarga. Istrinya yang berasal dari Desa Pomahan, Kecamatan Sulang.

Mas Amir bercerita, dipilihnya usaha kuliner bebakaran ikan bukan tanpa sebab. Berawal dari hobinya memancing, ia mulai lihai memasak aneka ikan. Menu kesukaan dan kini menjadi andalan di warungnya adalah ikan bakar.

“Dulu setiap mendapat tangkapan ikan dari memancing selalu digoreng. Lama-lama saya jenuh dan mencoba memasak dengan aneka olahan yang berbeda. Akhirnya ketemulah resep ikan bakar yang menjadi favorit di warung saya,” jelasnya.

Mas Amir juga bercerita dipilihnya ikan sebagai menu utama di warungnya. Yakni karena Rembang adalah kota pesisir dengan hasil ikan yang sangat melimpah. Apalagi ikan adalah sumber protein yang kaya dan sangat baik untuk kesehatan.

Untuk semakin menambah selera makan di Warung Makan Pentungan, Mas Amir menambah fasilitas free Wi-Fi untuk menarik minat kalangan muda dan pelajar. Sambil makan, konsumen bisa mengakses internet sepuasnya. Mau coba?