SMK Nu Lasem, Gelar Bazar Kewirausahaan

ANTUSIAS – Siswa-Siswi SMP menyaksikan gelaran bazar kewirausahaan di SMK Nu Lasem. (Foto: Dokumentasi SMK Nu Lasem)

Lasem, REMBANGDAILY.COM *** Dalam rangka ujian praktek mata pelajaran Kewirausahaan kelas XII, SMK NU Lasem menggelar kegiatan bazar kewirausahaan dengan tema “Menumbuhkan Jiwa Wirausaha Melalui Bazar Kewirausahaan” bazar ini diselenggarakan pada tanggal 14 – 15 Februari 2018 bertempat di SMK NU Lasem.

Kegiatan bazar kewirausahaan diikuti oleh seluruh siswa kelas XII semua program keahlian, terdiri dari 2 stand dari Program Keahlian Administrasi Perkantoran, 2 stand dari Program Keahlian Akuntansi, 10 stand dari Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan 3 stand dari Program Keahlian Teknik Multimedia.

Kegiatan bazar kewirausahaan ini bertepatan dengan kegiatan simulasi UNBK tingkat SMP/ MTs dari siswa-siswi SMP N 2 Lasem, SMP N 1 Sluke, SMP NU Lasem, SMP NU Pancur dan MTs Manbaul Ulum Pancur yang menginduk di SMK NU Lasem. Dengan total keseluruhan peserta simulasi UNBK SMP/ MTS berjumlah 426 siswa.

Menurut Waka Humas SMK Nu Lasem Ibu Siti Khuzaimah, S.Pd kegiatan bazar kewirausahaan ini bertujuan untuk melatih jiwa kewirausahaan kepada seluruh siswa kelas XII dan memenuhi tugas laporan kewirausahaan, sedangkan Manfaat dari kegiatan bazar kewirausahaan ini, diantaranya :

  1. Untuk menghasilkan siswa/ siswi yang kreatif dan inovatif
  2. Untuk mensosialisasikan kepada para siswa supaya tidak malu bekerja dalam dunia bisnis berdagang
  3. Untuk memberikan bekal kepada siswa/ siswi dalam memperoleh usaha dalam dunia bisnis
  4. Untuk meningkatkan rasa solidaritas siswa/ siswi

Kegiatan kewirausahaan yang diikuti oleh seluruh kelas XII dari 4 program keahlian terbagi dalam dua golongan usaha , yaitu usaha dagang dan usaha jasa.Dari usaha dagang setiap siswa berkreasi dan berinovasi melalui pembuatan produk dan menjualnya di stand yang telah disediakan.

Untuk usaha jasa sebagian siswa memberikan layanan jasa melalui service murah untuk kendaraan roda dua yang diikuti oleh siswa-siswa dari program keahlian Teknik Kendaraan Ringan dan Jasa Pemotretan serta pembuatan PIN yang diikuti oleh siswa siswi dari Program Keahlian Teknik Mutimedia.

Sebagai hiburan untuk para pengunjung stand disuguhkan juga beberapa tampilan bakat dan kreatifitas siswa-siswi SMK NU Lasem melalui kegiatan ekstrakurikuler, diantaranya ekstrakurikuler membatik, hadroh, pencak silat PSHT, music, pencak silat Pagar Nusa, Futsal, Air Brush dan Stir Mobil.