Febrio Arif Rachmawan Menangi Pemilu OSIS 2015 SMP Negeri 2 Rembang

MENGINTERNASIONAL - Pentas Budaya SMP Negeri 2 Rembang bersama SMK Tun Ku Besar Tampin Malaysia beberapa waktu lalu. (Foto: Bucantie WordPress)
MENGINTERNASIONAL – Pentas Budaya SMP Negeri 2 Rembang bersama SMK Tun Ku Besar Tampin Malaysia beberapa waktu lalu. (Foto: Bucantie WordPress)

Rembang, REMBANG DAILY ** Pada Jumat (4/9/2015), OSIS SMP Negeri 2 Rembang melakukan regenerasi. Semua siswa, mulai kelas VII hingga IX, yang mempunyai hak pilih berbondong-bondong menuju TPS untuk memberikan hak pilihnya. Semua hal ditata bak pemilu legislatif maupun pemilu presiden.

“Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) merupakan wadah tunggal bagi para siswa untuk berlatih dan menerapkan cara-cara berorganisasi. Dalam wadah OSIS pula siswa dapat juga menerapkan prinsip-prinsip berdemokrasi dan berekspresi tentang kreativitas, berinovasi tentang hal-hal baru dan positif,” ujar pembina OSIS, Nurhadi, seperti dirilis SMP Negeri 2 Rembang.

Guru PKN tersebut mengatakan, dalam wadah OSIS, para siswa dilatih mandiri dalam segala hal dalam bentuk kebersamaan.

“Kemandirian dalam kebersamaan, begitulah kira-kira. Hal positif dari OSIS telah banyak dirasakan oleh para siswa yang pernah terlibat di dalamnya,” tuturnya.

Menurutnya, agar OSIS selalu ‘berwarna’ dan ‘bermakna’ maka pergantian tongkat kepemimpinan yang berkesinambungan harus dan mutlak dilakukan agar OSIS tetap eksis menjadi milik siswa sepenuhnya. OSIS yang ‘segar’ dengan nuansa baru tetap dibutuhkan agar para siswa semakin bersemangat dalam menempuh dan menuntaskan pendidikannya.

Enam Kandidat

Pada Pemilu OSIS kali ini, terdaftar enam calon kandidat. Mereka adalah Fadhilah Nur Ramdhani, Archangela Renata Patricia, Bela talita Yuli Nastiti, Satrio Wibowo Bima Baskoro, Febrio Arif Rachmawan, dan Aristya Fajar Anshori Nur.

“Mereka bersaing memperebutkan hati pemilihnya. Pada Senin (31/8/2015), mereka memaparkan visi-misinya di depan para calon pemilih dalam upacara bendera,” kata Nurhadi.

Coblosan OSIS ala SMP Negeri 2 Rembang tersebut mengantarkan Febrio Arif Rachmawan meraih 343 suara, diikuti Aristya Fajar Anshori Nur (149 suara), Archangela Renata Patricia (146 suara), Satrio Wibowo Bima Baskoro (67 suara), Fadhilah Nur (57 suara), dan Bela Talita Yuli Nastiti (56 suara). Sejumlah 30 suara dinyatakan tidak sah.

Dengan demikian, Febrio Arif Rachmawan diamanahi menjadi Ketua OSIS SMP Negeri 2 Rembang periode tahun pelajaran 2015/2016. Setelah proses ini akan dilangsungkan penetapan perangkat OSIS lain, sebelum ditetapkan dan dilantik, sekaligus serah terima kepemimpinan dari pengurus lama pada pengurus baru.

“Dalam hal ini, selain belajar berorganisasi, anak-anak juga belajar mengenal bagaimana demokrasi sebenarnya dilaksanakan, agar kelak kemudian hari jika anak-anak sudah mempunyai hak pilih dalam pemilu di negara kita mereka sudah tahu mekanisme dan prosedurnya,” ucap Nurhadi.