Pameran Dekranasda Jawa Tengah 2015, Rembang Juara III Festival Busana Tradisional Daerah

JUARA - Kabupaten Rembang meraih Juara III Festival Busana Tradisional Daerah dalam Pembukaan Pameran Produk Karya Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015, Minggu (23/8/2015), di GOR Satria Purwokerto. (Foto: Pemkab Rembang)
JUARA – Kabupaten Rembang meraih Juara III Festival Busana Tradisional Daerah dalam Pembukaan Pameran Produk Karya Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015, Minggu (23/8/2015), di GOR Satria Purwokerto. (Foto: Pemkab Rembang)

Purwokerto, REMBANG DAILY ** Menampilkan busana tradisional daerah dengan tema busana khas Kartini, Kabupaten Rembang meraih Juara III Festival Busana Tradisional Daerah dalam Pembukaan Pameran Produk Karya Dekranasda Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015.

“Setelah melalui kriteria penilaian, yakni kekhasan busana, keserasian, dan performa, Kabupaten Rembang dinyatakan sebagai Juara III, menyisihkan 35 Kabupaten/Kota lainnya,” ujar Penjabat Bupati Rembang, Suko Mardiono, Minggu (23/8/2015), di GOR Satria Purwokerto, seperti dirilis Humas Pemkab Rembang.

Selain menampilkan busana khas Kartini, dalam kegiatan tahunan tersebut Kabupaten Rembang juga membawa berbagai kesenian khas Kabupaten Rembang untuk dipamerkan, seperti seni budaya Tong Tongklek dan Batik Lasem.

Tidak hanya itu, dalam lomba Dekranasda Carnival yang diikuti Dekranasda se-Jawa Tengah, Dekranasda Kabupaten Rembang menampilkan lima kostum busana Batik Carnival lasem.

“Sayangnya, kita tidak mendapat juara dalam lomba ini,” tutur Suko.

Pj Bupati mengatakan, event yang dilaksanakan dalam rangka Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah ini sangat diperlukan, untuk lebih mengenalkan Kabupaten Rembang ke publik, terutama di bidang seni dan budaya.

Acara yang digelar selama tiga hari, 21-23 Agustus 201, itu dihadiri Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Rencananya, mulai tahun ini dan seterusnya, acara Pesta Rakyat akan digelar bergiliran di kabupaten/kota se-Jawa Tengah. Dengan begitu, setiap daerah dapat andil mempromosikan potensi wilayah, seni, dan budaya masing-masing.

Vokasi Tata Busana

Untuk melestarikan prestasi ini, peran sekolah vokasi menjadi faktor pendukung penting. Salah satunya, SMK Negeri 1 Sedan Jurusan Tata Busana. Sekolah yang beralamat di Jalan Pandangan kilometer 2 Kecamatan Sedan ini berdiri sejak 2004.

SMK Negeri 1 Sedan telah bekerja sama dengan beberapa dunia usaha sebagai mitra tempat magang praktik kerja industri. Daftar mitra busana butik untuk tahun 2014-2015 adalah Anne Avantie Semarang, Gripac (Bawen-Semarang), BPSDM Semarang, LPK Wina Semarang, LPK Shofie Semarang.

Selain itu, LPK Ari Wijaya Semarang, Catelia Rembang, Griya Busana Irianto Salatiga, Purnomo Batik Lasem, Tarras Kudus, Panthes Collection Pati, Sekar Mulyo Lasem, Rumah Mode Kartini Rembang, Juwita Batik Rembang, Modiste Chandra Rembang, Rumah Mode Dwichy Kudus, Air Mancur Rembang.

Pengembangan SMK, baik swasta atau negeri, di Kabupaten Rembang, memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan dan pemberdayaan perekonomian Rembang.