34 Calon Tenaga Kerja dari SMK Negeri 1 Rembang Bergabung dengan PT Astra Honda Motor

PELEPASAN - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyematkan topi kepada siswa SMK Negeri 1 Rembang, Chairul Anam, sebagai wakil dari 100 orang canaker PT AHM dalam Ekspo Produk dan Job Fair SMK Tahun 2015 di Magelang, Selasa (28/7/2015). (Foto: SMK Negeri 1 Rembang)
PELEPASAN – Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyematkan topi kepada siswa SMK Negeri 1 Rembang, Chairul Anam, sebagai wakil dari 100 orang canaker PT AHM dalam Ekspo Produk dan Job Fair SMK Tahun 2015 di Magelang, Selasa (28/7/2015). (Foto: SMK Negeri 1 Rembang)

Magelang, REMBANG DAILY ** Sejumlah 34 orang Calon Tenaga Kerja (Canaker) dari SMK Negeri 1 Rembang diberangkatkan sekolah untuk bergabung dengan PT Astra Honda Motor (AHM). Rombongan SMK Negeri 1 Rembang termasuk dalam 100 orang Canaker dari Jawa Tengah yang kemudian dilepas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Selasa (28/7/2015) di Magelang.

Gubernur memberikan penghargaan kepada PT Astra Honda Motor (AHM), Deputy Head of Corporate Communication AHM, diwakili Ahmad Muhibbuddin, saat Ekspo Produk dan Job Fair SMK 2015 di SMA Taruna Nusantara Magelang, disaksikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anis Baswedan.

Dirilis SMK Negeri 1 Rembang, PT AHM dinilai mempunyai perhatian besar terhadap SMK, di antaranya mendorong dibukanya Paket Keahlian Tenik Sepeda Motor kerja sama dengan AHM. Salah satunya, di SMK Negeri 1 Rembang.

Menurut PT AHM, pihaknya menyadari bahwa implementasi program link and match antara dunia pendidikan dengan Dunia Usaha (DU) dan Dunia Industri (DI) sangat penting.

Ada 26 SMK di Jawa Tengah yang bekerja sama dengan PT AHM. Harapannya, dapat mencetak mekanik sepeda motor yang andal, khususnya dari Paket Keahlian Teknik Sepeda Motor.

Kini, jumlah tenaga kerja PT AHM sebanyak 22.500 orang, tersebar di beberapa cabang kawasan Sunter, Pegangsaan, Karawang, dan Cikarang. Setiap tahun, PT AHM aktif mengadakan perekrutan tenaga kerja langsung ke sekolah-sekolah, khususnya SMK-SMK binaan, saat siswa masih duduk di bangku kelas XII.

Geliat Vokasi

Eksistensi sekolah kejuruan (vokasi) di Kabupaten Rembang belakangan mulai meningkat. Maret 2015, dua siswa SMK Muhammadiyah Rembang, Tedy Okta dan Erwin Gumelar, menjuarai lomba Cipta Teknologi Robotika yang digelar Universitas Muria Kudus (UMK).

Bermodal Printed Circuit Board (PCB), sensor, roda tamiya, Integrated Circuit (IC) dan beberapa item lain, mereka mampu merangkai robot serupa mobil tamiya yang bisa melaju dengan kecepatan tinggi di atas line berwarna hitam sebagai sirkuitnya. Mereka berhasil menjadi yang tercepat. Sirkuit dengan panjang sekira 12 meter itu mampu ditempuh dalam waktu 13 detik.

Sebelumnya, Oktober 2014, SMK Muhammadiyah Rembang bekerja sama dengan PT Makita Karya Indonesia selaku Authorized Axioo Education Partner (Axioo Class Program), menggelar Workshop perakitan PC, notebook, tablet, smartphone, pengadaan komponen (parts) perakitan produk Axioo, analisis dan pengembangan kurikulum berbasis industri, pelaksanaan praktik kerja industri (Prakerin), serta diklat pengembangan kompetensi guru dan siswa.

Selain itu, proses rekrutmen tenaga kerja, uji kompetensi bagi siswa, pengadaan produk-produk PC, laptop, tablet, smartphone, dan alat lainnya sebagai penunjang kegiatan belajar mengajar di sekolah. Terakhir, pengembangan unit produksi Axioo sales, service dan training center sebagai laboratorium produksi dan kewirausahaan bagi sekolah.