MAN Lasem Juara Umum Kompetisi Sains Madrasah 2015 Kabupaten Rembang

SAINS MADRASAH - Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2015 tingkat Kabupaten Rembang yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang. (Foto: Humas Kemenag Rembang)
SAINS MADRASAH – Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2015 tingkat Kabupaten Rembang yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang. (Foto: Humas Kemenag Rembang)

Lasem, REMBANG DAILY ** Pada Kompetisi Sains Madrasah (KSM) 2015 tingkat Kabupaten Rembang yang diselenggarakan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rembang, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Lasem berhasil dinobatkan sebagai Juara Umum.

Kompetisi yang digelar di MAN Lasem pada Jumat (8/5/2015) tersebut, MAN Lasem berhasil memperoleh 2 medali emas dan 3 medali perak. Pada posisi selanjutnya, MAN Rembang memeroleh dua medali emas dan satu medali perak.

Untuk tingkat MTs, Juara Umum diraih MTs Negeri Sale dengan perolehan 1 medali emas, 1 medali perak, dan 1 medali perunggu. Sementara MI An-Nashriyah berhasil meraih Juara Umum tingkat MI dengan perolehan 2 medali emas.

KSM 2015 diikuti sekitar 190 dalam 11 cabang lomba, yaitu mata pelajaran (Mapel) Matematika Madrasah Ibtidaiyah (MI), Mapel IPA (MI), Mapel Matematika Madrasah Tsanawiyah (MTs), Mapel Fisika MTs, Mapel Biologi MTs, Mapel Geografi MA, Mapel Ekonomi MA, Mapel matematika MA, Mapel Kimia MA, Mapel Fisika MA, dan Mapel Biologi untuk tingkat MA.

Ketua Panitia yang juga Kasi Pendidikan Madrasah, Jasim, mengatakan, tujuan KSM adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan sains di madrasah secara komprehensif melalui penumbuhkembangan budaya pelajar, kreativitas, dan motivasi meraih prestasi terbaik.

“KSM ini juga sebagai wahana siswa madrasah untuk mengembangkan minat dan bakat siswa di bidang sains, dan mendorong siswa untuk selalu meningkatkan kemampuan intelektual, emosional, dan spiritual berdasarkan nilai-nilai agama,” ujarnya, dirilis Kemenag Rembang.

Pameran Karya Seni

Pada kesempatan sama, digelar pameran karya seni siswa MAN Lasem yang berlangsung tiga hari, mulai 7 Mei 2015 hingga 9 Mei 2015. Pameran menampilkan hasil kreasi seni Mapel Seni Budaya dan Keterampilan dari seluruh kelas X dan XI.

Sejumlah 24 stan hasil kerajinan mendapat apresiasi tinggi dari Plt Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Rembang, Noor Effendi. Menurutnya, pihak sekolah bisa menggandeng pihak ketiga untuk memasarkan hasil karya siswa MAN Lasem, bahkan hingga ke luar kota.

“Madrasah merupakan lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus di bidang agama, namun juga bidang teknologi, sains, dan seni. Madrasah di bawah naungan pemerintah, dalam hal ini Kemenag, berkomitmen untuk menunjukkan daya saingnya di kancah nasional, bahkan internasional. Salah satunya melalui ajang KSM ini,” tutur Noor Effendi membacakan sambutan Bupati Rembang, Abdul Hafidz.

Bupati berharap, siswa madrasah Kabupaten Rembang bisa menunjukkan prestasi di tingkat provinsi dan nasional.

“Melalui KSM ini, kami harap bisa mempromosikan potensi Kabupaten Rembang di bidang sains di tingkat provinsi maupun nasional,” katanya.

Ia meminta madrasah untuk berkomitmen meningkatkan dan menjaga kualitas madrasah secara kontinu. Hal ini mengingat perkembangan zaman yang kian modern dan menuntut persaingan antar-SDM yang benar-benar berkompeten.