Spirit Kartini Warnai Gedung Baru Kantor Pertanahan Rembang

SPIRIT KARTINI - Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursyidan Baldan, dan Plt. Bupati Rembang, Abdul Hafidz, saat meresmikan gedung Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang, Jumat (27/3/2015). (Foto: BPN)
SPIRIT KARTINI – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursyidan Baldan, dan Plt. Bupati Rembang, Abdul Hafidz, saat meresmikan gedung Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang, Jumat (27/3/2015). (Foto: BPN)

Rembang, REMBANG DAILY ** Kabupaten Rembang memiliki sejarah perjuangan Kartini. Gedung Kantor Pertanahan Rembang yang baru selesai dibangun, merupakan simbol hadirnya semangat melayani dengan penuh keikhlasan, seperti spirit Kartini.

“Kota Rembang adalah kota yang memiliki sejarah perjuangan seorang Kartini. Oleh karena itu, hadirnya gedung baru ini harus memiliki spirit kekartinian,” ujar Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN), Ferry Mursyidan Baldan, saat meresmikan gedung Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang, Jumat (27/3/2015).

Menurutnya, spirit kekartinian di Gedung Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang yang baru harus diwujudkan dengan memberikan kenyaman kepada ibu-ibu dan kaum perempuan yang hadir di gedung tersebut.

“Ruangan di gedung ini tidak boleh untuk merokok, harus disiapkan juga ruang laktasi dan ruang tidur anak,” tutur Ferry, seperti dirilis Badan Pertanahan Nasional.

Gedung Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang dibangun dengan biaya Rp1.075.693.000 yang bersumber pada Daftar Isian Pelaksana Anggaran (DIPA) Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang Tahun 2014.

Sertifikasi untuk Pengembangan Potensi

Plt. Bupati Rembang Abdul Hafidz menyambut baik atas pembangunan Gedung Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang yang baru.

“Semoga dengan pembangunan ini dapat menjadi penyemangat baru, karena dengan semangat baru pasti dapat menciptakan prestasi baru,” ucapnya.

Ia mengatakan, Kabupaten Rembang memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan, di antaranya potensi pertanian, perikanan, kelautan, pariwisata, dan potensi UMKM. Potensi tersebut tidak dapat berkembang dengan baik, apabila tidak memiliki status kepemilikan lahan yang jelas.

“Kami akan bantu kegiatan sertifikasi tanah melalui Proda, dan untuk tahun 2015 ini kami juga berharap agar program strategis sertifikasi tanah Kantor Pertanahan Kabupaten Rembang dapat dikhususkan kepada potensi-potensi tersebut,” tambahnya.

Kabupaten Rembang memiliki luas 101.408 Ha yang terbagi menjadi 14 kecamatan dan 294 desa. Makam pahlawan pergerakan emansipasi perempuan Indonesia, R A Kartini, berlokasi di Bulu Mantingan.