RSUD Soetrasno Rembang Kini Layani Pengobatan Kanker dan Kemoterapi

SEMAKIN MAJU - Paviliun Kartini RSUD Soetrasno Rembang. Kini RSUD Rembang mampu melayani penderita kanker. (Foto: RSUD Rembang)
SEMAKIN MAJU – Paviliun Kartini RSUD Soetrasno Rembang. Kini RSUD Rembang mampu melayani penderita kanker. (Foto: RSUD Rembang)

Rembang, REMBANG DAILY ** Sabtu (18/4/2015), RSUD dr. R. Soetrasno Rembang secara resmi membuka layanan pengobatan kanker dan kemoterapi. Penanganan kanker tidak perlu lagi dirujuk ke kota besar seperti Semarang, Solo, atau Jogja.

“Dengan dilengkapinya layanan kemoterapi di Rembang tentu sangat membantu sekali bagi penderita kanker di Rembang. Penderita sudah tidak perlu jauh-jauh ke RSUP Kariadi Semarang,” ujar Ketua Perhimpunan Hematologi Onkologi Medik Penyakit Dalam Indonesia (Perhompedin) Cabang Semarang, Prof Chatarina Suharti, dirilis Pemkab Rembang.

Suharti menuturkan, dokter penyakit dalam yang menangani kemoterapi lanjutan di RSUD Rembang telah dilatih secara intensif selama lima bulan. Saat ini jumlahnya baru satu orang. Dalam perjalanannya, Perhompedin masih akan mendampingi dan menambah ilmu dokter ahli secara periodik.

“Penanganan kanker tidak mesti dengan bedah dan penyinaran, tetapi bisa juga dengan obat, melalui kemoterapi. Memang masih banyak warga yang takut dikemoterapi karena khawatir rambut rontok. Padahal, di tangan dokter ahli, ketakutan itu bisa diatasi,” terang Suharti.

Terkait biaya mahal, menurutnya, bisa ditanggung BPJS Kesehatan. Hal tersebut sangat meringankan beban penderita.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas RSUD dr R Soetrasno, Giri Saputra, mengatakan, dengan peluncuran layanan kemoterapi, penderita tidak perlu mengantre lama di Semarang. Langkah ini merupakan upaya RSUD Soetrasno Rembang untuk mendekatkan akses layanan pengobatan kanker kepada masyarakat Rembang.

“Namun, penanganan kemoterapi yang bisa dilakukan di sini masih sebatas kemoterapi lanjutan. Untuk penanganan pertama masih harus di RSUP Kariadi. Penanganan pertama baru boleh dibuka setelah Rembang memiliki ahli onkologi,” ucapnya.

Dalam pelaksanaan Kemoterapi, RSUD Soetrasno Rembang telah memiliki satu tenaga dokter ahli, satu perawat, dan satu apoteker. Mereka terlatih memberikan pelayanan terbaik bagi penderita yang menjalani kemoterapi lanjutan.

Jumlah Penderita Kanker

Berdasarkan profil Indonesia Sehat Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah 2014, jumlah kasus penyakit kanker yang dirawat di rumah sakit di Jawa Tengah sebanyak 8.182 kasus, terdiri atas Ca mamae 3.593 kasus (43,91 persen), Ca serviks 2.780 kasus (33,98 persen), Ca hepar 1.030 kasus (12,59 persen), dan Ca paru 779 kasus (9,52 persen).

Penderita kanker yang tercatat di RSUD Soetrasno tahun 2013 sejumlah 147 kasus, meningkat 151 kasus pada 2014.

Kanker menyerang sel tubuh manusia yang hidup. Pada mulanya sel-sel tubuh mengalami proses tumbuh dan membelah diri sebagaimana seharusnya. Namun, pada suatu waktu sel tersebut mulai berubah dan membelah diri tanpa terkontrol. Lambat laun mereka akan menyebar sendiri ke jaringan sekitarnya, kemudian ke seluruh tubuh. Pelayanan kemoterapi adalah proses pengobatan kanker menggunakan obat-obatan yang bertujuan membunuh atau memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker.

One thought on “RSUD Soetrasno Rembang Kini Layani Pengobatan Kanker dan Kemoterapi

  1. Kapok dengan RSUD Rembang !! 17 agust kemarin alm. Papa ku sakit. Jam 22.00 dibawa ke RSUD rembang. Setelah sampe disana disuruh nunggu. Sampe jam 00.00 g ditangani sama sekali. Cuma dicek gula tinggi. Papa ku mau buang air kecil terus ngomong mama ku sama perawat tyt perawat bilang “ow itu buk KM nya disana”. Bayangke orang sakit suruh jalan ke KM. Mama ku minta pispot sama perawat dan perawat bilang ” o itu bu disana pispotnya. Alias ambil sendiri. Setelah lama nunggu baru pihak RS bilang ruang penuh. Nunggu lama baru blg Ruang penuh. Akhire dibawa ke KSH pati. Tapi karena telat penangangan ya akhire meninggal. Semula aku cuma dgr cerita2 kaya gini dari orang dari tetangga,,ternyata emang bnr ky gitu adane.

Comments are closed.