Potensi Daerah Besar, Pemkab Harus Perkuat Kampus Lokal Rembang

PERAN KAMPUS - Akademisi STIE YPPI Rembang, Ali Muchyidin. Menurut Ali, Pemkab Rembang harus memberi dukungan pada penguatan kampus lokal Rembang. (Foto: Ali Muchyidin)
PERAN KAMPUS – Akademisi STIE YPPI Rembang, Ali Muchyidin. Menurut Ali, Pemkab Rembang harus memberi dukungan pada penguatan kampus lokal Rembang. (Foto: Ali Muchyidin)

Rembang, REMBANG DAILY ** Potensi Kabupaten Rembang sangatlah besar. Pemerintah Kabupaten Rembang harus memperkuat kampus lokal untuk mengembangkan potensi tersebut. Kampus menjadi stakeholder signifikan karena memiliki perangkat dan jejaring riset memadai.

“Potensi Rembang luar biasa. Meskipun termasuk kategori kabupaten tertinggal, tapi sekarang ada empat perguruan tinggi lokal yang sedang mengembangkan sayapnya di Rembang. Tapi anehnya, Pemkab belum sepenuhnya terlibat langsung mendukung perguruan tinggi yang ada di Rembang,” ujar akademisi STIE YPPI Rembang, kepada Rembang Daily, Rabu (8/4/2015).

Menurutnya, apabila Pemkab memberi dukungan cukup kepada kampus di Rembang, sivitas akademika akan berusaha semaksimal mungkin mengembangkan Rembang dengan potensi keakademisan.

“Apa yang bisa dilakukan Pemkab untuk memperkuat kampus lokal? Kalau itu clear, baru kampus membuka jurus pamungkasnya untuk mengembangkan Rembang. Sementara ini masih banyak intrik politik yang mewarnai,” ungkap Ali.

Ia mengatakan, riset kampus di Rembang bisa dikatakan bagus. Meski demikian, pengejawantahan studi masih belum berjalan, mandek di level eksekutor kebijakan.

“Dengan dilantiknya bupati definitif semoga (ejawantah studi) akan segera terwujud. Kunci-kunci transparansi sudah mulai dibuka kini,” pungkasnya.

Peran Kampus

Empat kampus lokal di Rembang adalah STIE YPPI, STAI Al Kamal, Universitas Terbuka, dan STAI Al Anwar. Keempat kampus tersebut menjadi tumpuan Kabupaten Rembang perihal riset dan evaluasi kebijakan publik.

STIE YPPI berada di Jalan Raya Rembang-Pamotan kilometer 4, Rembang. Yayasan Pengembang Potensi Insani (YPPI) berdiri pada 14 Januari 2000. Pada 15 Januari 2000, STIE YPPI Rembang berdiri dengan membuka Program Studi Manajemen jenjang S1 dan Manajemen Industri jenjang DIII.

Pada 2006, Program Studi Manajemen S1 mendapatkan status akreditasi dari BAN-PT yang diterbitkan. Tahun yang sama, STIE YPPI mendapatkan izin membuka program studi baru, Akuntansi jenjang S1. Pada 2011, Program Studi Akuntansi terakreditasi. Sejak Juli 2012, Program Studi Manajemen jenjang DIII ditutup.

STAI Al Kamal atau biasa disebut STAIKA Rembang ada di Kecamatan Sarang. Berdiri pada 20 Juni 2007, STAIKA membuka Jurusan Syariah Program Studi rogram Studi Ahwalus Syahsyiyah, Ekonomi Islam, dan Pendidikan Manajemen Islam.

Universitas Terbuka (UT) Rembang berdiri pada Selasa (12/2/2013), oleh Pondok Pesantren Kauman melalui Rintisan Balai Belajar Bersama (RB3), bekerja sama dengan UPPTD Universitas Terbuka, Semarang.

Guru wiyata bhakti atau guru pengabdian dapat memenuhi persyaratan S1, untuk selanjutnya turut dalam program sertifikasi guru melalui Kemenag atau kemendibud dengan mengikuti kuliah di UT. Guru PAUD dapat memenuhi persyaratan sarjana S1 prodi PG PAUD. UT memberikan kesempatan kepada lulusan perguruan tinggi swasta kelas jauh untuk dipertimbangkan langsung terdaftar semester 4 dengan biaya pendidikan terjangkau.

Adapun program studi yang dibuka adalah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Program Studi Ilmu Administrasi Negara(S1), Ilmu Administrasi Bisnis (S1), Ilmu Pemerintahan (S1), Ilmu Komunikasi (S1), Sosiologi S1), Sastra Bahasa Inggris (Bidang Minat Penerjemah S1), Diploma Kearsipan D-IV, Perpajakan D-III , Perpustakaan S1, dan Perpustakaan D-II.

Selanjutnya, Fakultas Ekonomi (FEKON) Program Studi Ekonomi Pembangunan (S1), Manajemen (S1), dan Akuntansi (S1); Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan (FMIPA) Program Studi Statistika (S1), Matematika (S1), Biologi (S1), Agrobisnis (S1), Ilmu dan Tekonologi Pangan (S1), Perencanaan Wilayah dan Kota Bidang Minat Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan (S1).

Ada pula Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Program Studi Pendidikan Bahas Inggris (S1), Pendidikan Bahasa Indonesia (S1), Pendidikan Biologi (S1), Pendidikan Fisika (S1), Pendidikan Kimia (S1), Pendidikan Matematika (S1), Pendidikan Ekonomi (S1), Pendidikan PPKN (S1), Program Pendas Jurusan PGSD/PGMI (S1) dan PG PAUD (S1).

Sementara Program Pascasarjana (S2) yang dibuka adalah Program Studi Magister Ilmu Administrasi bidang minat Administrasi Publik; Magister Manajemen Bidang minat Manajemen Keuangan, Bidang Minat Manajemen Pemasaran, Bidang Minat Manajemen Sumberdaya Manusia, Bidang Minat Manajemen Pendidikan; Magister Ilmu kelautan Bidang Minat Manajemen Perikanan dan Kelautan; Magister Pendidikan Matematika.

Kampus keempat adalah STAI Al Anwar yang juga ada di Kecamatan Sarang. Perguruan tinggi ini berdiri pada 2011 KH Maimoen Zubair, pengasuh pondok pesantren Al Anwar Sarang. Pada awal pendirian, STAI Al Anwar membuka program studi Ilmu Al Qurán dan tafsir (Ushuluddin). Pada 2013, diajukan izin pembukaan prodi PGMI (Tarbiyah) dan Ekonomi Syariah (Syariah).

One thought on “Potensi Daerah Besar, Pemkab Harus Perkuat Kampus Lokal Rembang

  1. M. Djoemadi SK

    - Edit

    pak Ali,,,tunjukkan dulu kepedulian anda kpd pemkab dan masyarakat luas, jgn berharap bantuan dari pemkab dulu donk,,,?

Comments are closed.