Jajakan Menu Bukan Khas Rembang, Aneka Bisnis Kuliner Pamotan Tetap Ramai Pengunjung

LARIS MANIS - Warung makan Bu Dam Sambel Tahu Khas Blora di Pamotan. (Foto: M. Zaky WA)
LARIS MANIS – Warung makan Bu Dam Sambel Tahu Khas Blora di Pamotan. (Foto: M. Zaky WA)

Pamotan, REMBANG DAILY ** Kuliner suatu daerah memiliki kekhasannya sendiri dalam pengemasan, peracikan, maupun karakter rasa. Sebenarnya, Pamotan memiliki banyak kuliner sendiri yang selalu dimakan masyarakat sekitar, misalnnya jangan asem, jangan tewel, jangan pindang, lontong tahu, pecel, dan berbagai makanan lain.

Biasanya, masyarakat tertentu memiliki karakter khas kesukaan makanan yang akan dimakan. Namun saat ini, warga Pamotan telah bergeser selera makannya. Terbukti, banyak pebisnis kuliner yang menyajiakan makanan khas daerah lain.

Menariknya, lidah warga Pamotan tetap dapat menikmati masakan bukan khas Rembang yang disajikan. Pebisnis kuliner tersebut laku dan eksis di Pamotan.

Anda dapat menjumpai sajian Bakso Urat Solo, Tahu Gimbal Semarang, Bakwan Malang, Lontong Tahu Blora, Sate Ayam Madura, Tempe Penyet Lamongan, Bandeng Bakar Minang, Angringan Jogja atau Hik Solo di Pamotan. Belum lagi makanan kecil dan minuman, seperti gorengan, es cincau, atau yang lainnya.

Terbukti, warga Pamotan dan sekitarnya, kini telah mulai heterogen, sampai-sampai makan pun begitu banyak varian. Lidah warga Pamotan pun suka menjelajah rasa.

Kuliner Pamotan selalu ada untuk Anda. Bila berkunjung ke Pamotan, dijamin tidak akan kebingungan referensi kulinernya. Anda dapat dilayani 24 jam. Silakan berkunjung ke Pamotan.

Tentang Pamotan

Pusat pemerintahan Kecamatan Pamotan terletak di Desa Pamotan, persis di pertigaan yang menghubungkan Kecamatan Rembang (ke arah barat), Kecamatan Lasem (ke arah utara) dan Kecamatan Jatirogo Kabupaten Tuban Jawa Timur (ke arah tenggara).

Kecamatan Pamotan terletak di antara Pegunungan Kapur Utara di sebelah selatan dan Gunung Lasem di sebelah utara. Dilansir dari Wikipedia, Pamotan merupakan salah satu kota kecamatan teramai dan termaju di Kabupaten Rembang, setelah Kecamatan Rembang, Kecamatan Lasem, dan Kecamatan Sarang.

Berdasarkan Sensus Penduduk 2010, jumlah penduduk Kabupaten Rembang adalah 591.617 orang yang terdiri atas 295.244 laki‐laki dan 296.373 perempuan. Adapun jumlah penduduk Pamotan, yaitu laki-laki sejumlah 21.946 orang dan jumlah penduduk perempuan sejumlah 22.014 orang. Jumlah penduduk masyarakat pamotan keseluruhan, yaitu 43.960 orang.

Adapun Laju pertumbuhan penduduk Pamotan mencapai 0,19 persen. Pada saat yang sama, laju pertumbuhan penduduk Kabupaten Rembang per tahun selama sepuluh tahun terakhir, yakni dari tahun 2000‐2010, sebesar 0,49 persen. Sementara jumlah rumah tangga masyarakat Pamotan mencapai 12.036 buah dan jumlah hunian tempat tinggal sebanyak 12.291 buah.