Hari Kartini ke-136, Enam Kota Pakudjembara Pamerkan Produk Khasnya

HARI KARTINI - Peringatan Hari Kartini ke-136 di Kecamatan Bulu, tidak jauh dari pemakaman RA Kartini. (Foto: Pemkab Rembang)
HARI KARTINI – Peringatan Hari Kartini ke-136 di Kecamatan Bulu, tidak jauh dari pemakaman RA Kartini. (Foto: Pemkab Rembang)

Bulu, REMBANG DAILY ** Memperingati Hari Kartini ke-136, pameran produk khas daerah digelar di Kecamatan Bulu, tidak jauh dari pemakaman RA Kartini. Berbagai macam produk khas Pakudjembara (Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang, dan Blora) dipamerkan. Partisipasi juga datang dari kota non-Pakudjembara.

Menurut Ketua Panitia Murni Nur Rif’ah, kegiatan tersebut untuk mengenang kembali RA Kartini dalam memperjuangkan emansipasi perempuan dan mendobrak kebodohan, baik kaum perempuan maupun kaum laki-laki di Indonesia pada zamannya.

“Selain itu, sebagai wahana promosi pariwisata dan kesenian se-wilayah Pakudjembara yang meliputi Pati, Kudus, Demak, Jepara, Rembang, dan Blora,” terangnya, dirilis Pemkab Rembang.

Kabid pengembangan Destinasi Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah, Totok Riyanto, menuturkan, Pakudjembara memiliki peran strategis dalam pengembangan sektor pariwisata. Kekayaan adat, tradisi, dan budaya menjadi modal penting pengembangan pariwisata.

“Pengembangan pariwisata sekarang ini harus diiringi dengan peran aktif masyarakat, karena bagaimanapun dampaknya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pakudjembara ini adalah bentuk pemberdayaan masyarakat di sektor kepariwisataan,”ujar Totok.

Sementar Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora), Sunarto, menjelaskan, apabila pembangunan pariwisata dilaksanakan dengan benar akan mampu mendorong terwujudnya pertumbuhan ekonomi dan memeratakan kesempatan kerja.

“Maka kita dituntut lebih aktif untuk mampu memanfaatkan potensi kekayaan sumberdaya alam, pariwisata, dan budaya yang beragam. Sebagai contoh, salah satu di antaranya adalah sosok RA Kartini yang sangat menarik untuk dimarketkan bersama, dengan daya tarik lainnya se-Pakudjembara,” jelas Sunarto.

Dalam acara tersebut, berbagai hiburan kesenian seperti barongan dan tarian Rembang Kumandang ditampilkan, menghibur para pengunjung.

Batik dan mebel kayu sonokeling asli Blora, kopi khas Pati, kerajinan miniatur gazebo Kudus, beras organik Demak, Batik Tulis Lasem, dan kerajinan batu akik Sendangasri tampak mengisi stan-stan yang disediakan panitia.