Gandeng Astra Honda Motor, SMKN 1 Rembang Berlakukan Kurikulum Teknik Sepeda Motor

GANDENG AHM - Penandatanganan MoU SMKN 1 Rembang dengan PT Astra Honda Motor (AHM), Selasa (31/3/2015). (Foto: Pemkab Rembang)
GANDENG AHM – Penandatanganan MoU SMKN 1 Rembang dengan PT Astra Honda Motor (AHM), Selasa (31/3/2015). (Foto: Pemkab Rembang)

Rembang, REMBANG DAILY ** Pada tahun ajaran baru mendatang, Kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Honda akan mulai diterapkan SMKN 1 Rembang. Dalam pelaksanaannya, akan disisipkan dalam kurikulum pemerintah.

“Setelah mereka lulus, siswa juga kami beri bekal satu boks peralatan servis sepeda motor yang bisa digunakan untuk membuka bengkel. Sedangkan sparepart juga difasilitasi untuk bisa dijual di bengkel dan pembayarannya setelah barangnya terjual,” ujar Kepala Sekolah SMKN 1 Rembang , Singgih Darjanto, saat penandatanganan MoU dengan PT Astra Honda Motor (AHM), Selasa (31/3/2015).

Manager HRD Department AHM, Muhammad Alwi, mengatakan, kerja sama tersebut menitikberatkan pada kurikulum, sehingga melahirkan siswa-siswa yang berkualitas sesuai kebutuhan industri. Biasanya, sekolah meluluskan siswa yang belum sesuai dengan apa yang diharapkan perusahaan, terutama menjadi mekanik di AHASS.

“Kami akan mengirim trainer untuk melatih para Guru SMKN 1 Rembang. Pelatihan sifatnya akan berlanjut, seperti pendampingan sesuai dengan perkembangan teknologi,” terang Alwi.

Menurutnya, mereka secara berkala akan diajak ke AHM secara langsung untuk mempelajari hal-hal yang tidak dijumpai di dalam teori. Pihaknya akan memberikan sertifikat yang menunjukkan bahwa guru tersebut memang layak mengajar kurikulum AHM.

Ia mengaku, kekurangan para siswa adalah lemahnya soft skill dan pihak sekolah yang harus memperbaikinya. Ada yang kemampuan teknikalnya bagus, tapi sikap dan kemampuan komunikasinya kurang.

Beasiswa

AHM siap menampung lima siswa yang lulus tes AHM. Kelimanya mendapatkan beasiswa kuliah D3 dan biaya kebutuhan sehari-hari selama kuliah. Setelah lulus, mereka langsung diterima bekerja di Astra Group.

Selain orientasi untuk bekerja di perusahaan, siswa dibimbing menjadi pengusaha di bidang bengkel sepeda motor. Mereka akan menjadi binaan AHASS selama menjalankan bengkel.

Sementara itu, Asisten III Sekda Rembang, Abdullah Zawawi, sangat mengapresiasi kerja sama yang terjalin antara SMK dan dunia Industri.

“Nanti apa yang kurang terkait kerja sama antara SMK dengan PT AHM, Dinas Pendidikan akan mengampu,” katanya.