Durian Uni, Kuliner Baru Tapi Lama Andalan Sendangcoyo Lasem

UNGGULAN - Ilustrasi durian. Lasem menjadi penghasil durian terproduktif di Rembang. Selain Durian Criwik, ada pula Durian Uni. (Foto: Travelmate Kamu)
UNGGULAN – Ilustrasi durian. Lasem menjadi penghasil durian terproduktif di Rembang. Selain Durian Criwik, ada pula Durian Uni. (Foto: Travelmate Kamu)

Lasem, REMBANG DAILY ** Desa Sendangcoyo Kecamatan Lasem terkenal karena keberadaan vihara di bukit serta pemandangan alamnya yang indah. Bagi Anda yang belum tahu, Sendangcoyo juga penghasil durian kelas satu di Rembang. Durian Uni, namanya.

Rasa buah duriannya legit, sedikit pahit seperti mentega, dengan daging buah yang tebal hampir mirip karakter buah Durian Criwik yang lebih dulu terkenal. Siapa sangka, bibit buah Durian Criwik ternyata berasal dari Desa Sendangcoyo, sehingga ada kesamaan rasa antara buah Durian Criwik dengan Durian Uni.

“Sebenarnya, durian di Desa Sendangcoyo sudah ada sejak puluhan tahun lalu, tapi kalah pamor dengan durian criwik yang kebetulan merupakan tetangga desa. Diharapkan dengan pemberian nama ‘Uni’, pamor durian Sendangcoyo dapat terangkat,” ujar Kayat, salah satu petani buah durian dari Desa Sendangcoyo, saat Expo Produk Penataan Lingkungan Permukiman Berbasis Komunitas (PLPBK) di Desa Dasun Kecamatan Lasem, Rabu (1/4/2015).

Kayat memiliki lebih dari 10 pohon durian. Dalam setahun, satu pohon durian dengan usia 30-50 tahun dapat menghasilkan 1.500 hingga 3.000 butir. Durian dijual dengan harga antara Rp20 ribu hingga Rp50 ribu per butir.

“Diameter pohon durian yang sudah berumur 50 tahun sekitar rangkulan lima orang dewasa. Satu tahun satu pohon pendapatan bersih Rp25-30 juta,” ungkap Kayat, seperti dirilis Pemkab Rembang.

Saat ini, Kayat tengah bekerja sama dengan Karang Taruna setempat untuk menjual Durian Uni hingga ke Yogyakarta.

“Namun sekarang, banyak pembeli yang langsung ke Desa Sendangcoyo untuk langsung menikmati durian di tempat, sekaligus berwisata. Untuk jumlah pohon durian di Desa Sendangcoyo mencapai ratusan pohon,” terangnya.

Nama ‘Durian Uni’ mempunyai kepanjangan Unggul dan Nikmat, diberikan oleh Plt Bupati Rembang Abdul Hafidz. Kuliner Durian Uni dapat dipadu dengan wisata vihara Desa Sendangcoyo sebagai paket menggiurkan yang layak dicoba.