2015, Luas Tanam Tembakau Rembang Menurun 500 Hektar

POTENSIAL - Produksi tembakau Rembang terus meningkat sejak 2009. Meski demikian, tahun ini, luas lahan tanam menurun. (Foto: Rishadicorp Blogspot)
POTENSIAL – Produksi tembakau Rembang terus meningkat sejak 2009. Meski demikian, tahun ini, luas lahan tanam menurun. (Foto: Rishadicorp Blogspot)

Rembang, REMBANG DAILY ** Pada 2015, luas tanam tanaman tembakau ditargetkan 2500 hektar, atau menurun 500 hektar bila dibandingkan dengan 2014. Pasalnya, salah satu pembeli tembakau di Rembang, PT. Sadana Arifnusa, fokus menaikkan kadar nikotin tanaman tembakau tahun ini.

“Saya memerintahkan penyuluh pertanian yang wilayah binaannya ada tanaman tembakau untuk ikut mendampingi para petani tembakau. Kebutuhan pupuk tanaman tembakau jangan sampai menganggu pupuk bersubsidi, karena untuk komoditas tembakau, pupuknya tidak disubsidi oleh pemerintah,” ujar Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan Kabupaten Rembang, Dwi Purwanto, saat Temu Usaha Petani Tembakau, Selasa (7/4/2015), di Aula BKPP4K Rembang.

Dirilis BKPP4K, Temu Usaha Petani Tembakau merupakan bentuk perhatian Pemkab Rembang terhadap nasib petani tembakau. Hadir dalam pertemuan tersebut, pelaku utama, pelaku usaha, dan pemangku kebijakan tanaman tembakau.

Peserta berjumlah 50 orang, di antaranya para petani tembakau di lima kecamatan sentra tembakau, yakni Sumber, Sulang, Bulu, Pamotan, dan Gunem; penyuluh pertanian; PT Sadanan Arifnusa; BKPP4K; dan Dinas Pertanian dan Kehutanan.

“Cara teknis yang harus ditaati oleh petani tembakau, antara lain kalender sebar dan tanam, jarak tanam, pemupukan dan toping (punggel),” terang Dwi.

Ia menambahkan, wilayah Kabupaten Rembang memiliki jenis iklim tropis dengan suhu maksimum tahunan sebesar 33°C dan suhu rata-rata 23°C, dengan bulan basah selama 4 sampai 5 bulan. Selebihnya, termasuk kategori bulan sedang sampai kering. Curah hujan di Kabupaten Rembang termasuk sedang, yaitu rata-rata 502,36 mm per tahun.

“Dengan kondisi iklim tersebut, tanaman tembakau cukup ideal apabila ditanam di Kabupaten Rembang,” ucapnya.

Potensial

Sekian tahun, Kabupaten Rembang memang menjadi wilayah penting produksi tembakau di Jawa Tengah. Dalam Jawa Tengah dalam Angka 2013 terbitan Badan Pusat Statistik (BPS) Jawa Tengah, terjadi peningkatan signifikan setiap tahunnya.

Pada 2009, petani tembakau Rembang hanya memproduksi 8 ton tembakau. Pada 2010 meningkat menjadi 91 ton. Tahun 2011 meningkat lagi menjadi 94 ton. Pada 2012, produksi tembakau mencapai 1.425 ton.

2 thoughts on “2015, Luas Tanam Tembakau Rembang Menurun 500 Hektar

  1. satrio singolandoh

    - Edit

    Benarkah curah hujan di Rembang hanya 502, 36 mm per tahun? Tolong di cek lagi ya pak karena dengan curahhujan sebesar itu di Rembang akan banyak padang savana. Tolong juga dicek yg benar, apakah benar luas tembakau di rembang hanya 2500 Ha?

    1. Dear Bapak Satrio, sumber berita adalah website BKPP4K Rembang. Apabila ada data atau penjelasan yang lebih valid, mohon diinformasikan ke redaksi. Terima kasih.

Comments are closed.