Tunggu Pembangunan Los, Tujuh Pedagang Pasar Pandangan Korban Kebakaran Akan Direlokasi

RELOKASI - Plt Bupati Rembang Abdul Hafidz berkunjung ke Pasar Pandangan Kragan, usai kebakaran Februari lalu. (Foto: Pemkab Rembang)
RELOKASI – Plt Bupati Rembang Abdul Hafidz berkunjung ke Pasar Pandangan Kragan, usai kebakaran Februari lalu. (Foto: Pemkab Rembang)

Kragan, JOGJADAILY ** Dua los Pasar Pandangan berisi 44 kios pedagang terbakar, Minggu dini hari (22/2/2015). Kebakaran diduga akibat korsleting dari lapak salah satu pedagang. Tujuh pedagang yang terkena dampak kebakaran akan direlokasi di bekas mushala.

“(Sejumlah) 7 dari 19 korban kebakaran untuk sementara akan direlokasi di bekas mushala yang sudah tidak digunakan. Sedangkan mushala sendiri nantinya akan dipindah di dekat sumber air,” ujar Plt Bupati Rembang Abdul Hafidz saat mengunjungi korban kebakaran Pasar Pandangan, Rabu (24/3/2015).

Perbaikan los yang terbakar rencananya mengambil anggaran APBD Perubahan. Apabila tidak ada hambatan, kata Abdul Hafidz, pada Oktober 2015, pembangunan los bisa dilaksanakan. Plt Bupati mengaku, belum bisa menghitung biaya yang akan dikeluarkan.

“Sedangkan bantuan untuk pedagang korban kebakaran rencananya akan diberikan santunan sebesar Rp2 juta-Rp5 juta, tergantung dari tingkat kerugiannya,” terang Plt Bupati.

Untuk desain pasar, Plt Bupati akan membangun pasar-pasar tradisional menjadi pasar semi modern. Pedagang tidak akan dikenakan biaya untuk perbaikan.

Kronologi Kebakaran

Menurut catatan Pos Informasi Pasar dan Perdagangan (PIPP) Rembang, kebakaran terjadi pada Minggu (22/2/2015) sekitar pukul 02.45. Pada jam itu, petugas keamanan Pasar Pandangan menerima laporan dari pedagang bahwa salah satu kios dalam Los 5 ujung sebelah barat tampak percikan api.

Pihak keamanan lantas melapor kepada Kepala Pasar dan menghubungi pemadam kebakaran DPU Kabupaten Rembang.

Pukul 03.30, satu unit mobil pemadam kebakaran dan lima unit mobil tangki air sampai di lokasi. Pemadaman dilakukan bahu-membahu bersama masyarakat setempat, aparat Polsek, aparat Koramil, serta bekerja sama dengan personel Pasar Pandangan.

Api dapat dipadamkan sekitar pukul 05.00. Dalam kejadian tersebut, tidak ada korban jiwa.

Kerugian akibat kebakaran konstruksi bangunan Los 5 ditaksir kurang lebih senilai Rp350 juta. Sementara kerugian yang diderita oleh 29 pedagang yang menempati Los 5 dan Los 4 Pasar Pandangan ditaksir sementara sebesar Rp660 juta.

Total kerugian akibat terjadinya kebakaran Los 5 Pasar Pandangan kurang lebih sebesar Rp1,010 miliar.

Upaya yang ditempuh untuk mengembalikan aktivitas para pedagang, selain membersihkan puing-puing bekas kebakaran adalah penempatan 25 pedagang Los 5 ke tempat usaha sementara di lingkungan Pasar Pandangan.